Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit  Paru-Paru
Sumber: cooknutri.com

Gizi & Nutrisi / 19 November 2013

Kalangan Sendiri

Makanan Sehat Bagi Penderita Penyakit Paru-Paru

Puji Astuti Official Writer
104173

Makanan adalah sumber tenaga bagi tubuh dan berdampak terhadap sebanyak apa energi yang kita miliki serta berapa banyak karbon dioksida yang dihasilkan. Karbon dioksida adalah zat yang kita hasilkan saat mengeluarkan nafas. Jika terlalu banyak karbon dioksida dalam tubuh maka tubuh kita akan merasa lemah.

Bernafas membutuhkan banyak energi terlebih bagi mereka yang menderita penyakit paru-paru seperti asma, tuberkulosis, penyakit paru-paru obstruktif kronis (PPOK) dan bronkitis. Mereka yang mengalami masalah pada paru-paru membutuhkan 10 kali lebih banyak kalori untuk bernafas daripada orang yang sehat. Untuk itu mendapatkan asupan gisi dan nutrisi yang baik sangat penting bagi penderita penyakit paru-paru.

Untuk itu bagi penderita penyakit paru-paru disarankan untuk makan makanan yang seimbang. Berikut adalah tipsnya :

#  Jaga keseimbangan.

Diet yang sehat mengadung makanan yang beragam. Konsumsi protein rendah lemak seperti daging unggas dan terutama ikan yang mengandung asam lemak omega-3 seperti salmon, makarel dan sarden.

Makanlah karbohidrat seperti gandum utuh, beras merah dan juga biji-bijian yang mengandung serat tinggi sehingga membantu meningkatkan fungsi penccernaan.  Selain itu juga jangan lupa konsumsi buah-buahan dan sayuran segar karena mengandung vitamin, mineral dan serat yang akan membantu kesehatan tubuh Anda.

# Makanan yang harus dihindari

Makanan yang dapat menghasilkan gas dapat menyebabkan masalah seperti perut kembung, selain itu juga hindari makanan berlemak atau yang bernutrisi rendah antara lain :

- Garam

Terlalu banyak garam dalam makanan dapat membuat Anda menjadi kekurangan air sehingga mempengaruhi kemampuan Anda bernafas. Sebaliknya gunakan bumbu yang sedikit garam atau tampa garam untuk menyedapkan makanan Anda. Juga pastikan Anda memeriksa label makanan kemasan saat membelinya, hindari yang mengandung lebih dari 300 gram sodium per porsi.

Buah-buahan

Apel, alpukat dan melon dapat menyebabkan perut kembung, hal ini memicu sesak nafas bagi penderita paru-paru. Jadi perlu diwaspadai.

Beberapa sayuran

Ada daftar panjang sayuran yang dapat menyebabkan gas, namun juga bergantung bagaimana tubuh Anda memprosesnya.  Beberapa yang biasanya menyebabkan gas adalah kacang-kacangan, kubis, kembang kol, jagung, daun bawang, bawang, kacang polong, paprika, dan juga kedelai.  

Produk susuBeberapa produk susu biasanya dapat memperparah batuk berdahak seperti keju. Namun jika Anda tidak alergi terhadap produk susu tetap bisa mengkonsumsinya.

Coklat

Karena coklat mengandung kafein, maka produk yang menganduk coklat dapat mengganggu dampak obat yang Anda minum. Konsultasikan hal ini dengan dokter Anda apakah harus dihindari atau kurangi jumlahnya.

Makanan yang digoreng

Goreng-gorengan atau berminyak dapat menyebabkan gas dan juga mengganggu pencernaan. Hindari makanan jenis ini sebisa mungkin.

# Perhatikan apa yang Anda minum

Mereka yang menderita penyakit paru-paru harus banyak minum sepanjang hari sekitar enam hingga depan gelas air putih. Disarankan menghindari atau mengurangi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh atau coklat. Selain itu juga jangan minum minuman bersoda dan mengandung alkohol.

Jika Anda menjaga diet Anda dengan baik, hal ini sangat membantu pengobatan bagi penyakit paru-paru Anda. Selain itu pastikan Anda tidak mengalami obesitas, untuk itu perhatikan diet Anda sebaik mungkin.

Baca juga artikel lainnya :

Coca Cola Sebabkan Paru-Paru Pria ini Bengkak

Hoax, Terompet Tahun Baru Sebarkan Kuman TBC

Jaga Penampilan Diri Agar Terhindar dari TBC

Mengasingkan Penderita TBC Adalah Tindakan Tepat ?

Yuk Dukung Bakti Sosial (Berbagi Kasih Dengan Anak-Anak Tanah Merah - OBI)

Dina Hiji Mangsa Meraih Top Viewers

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami