Segera Perbaiki Manajemen Waktu Kerja Anda

Career / 16 November 2013

Kalangan Sendiri

Segera Perbaiki Manajemen Waktu Kerja Anda

daniel.tanamal Official Writer
3647

Penulis buku What To Do When There's Too Much To Do: Reduce Tasks, Increase Results and Save 90 Minutes a Day, Laura Stack punya beberapa kiat yang menarik dan bisa diterapkan untuk anda yang merasa setiap hari selalu sibuk namun masih ada saja pekerjaan yang tertinggal.

Inilah beberapa tips agar bisa memanajemen waktu supaya lebih efektif:

Tuliskan apa yang mau dicapai
Buat daftar prioritas harian, apa saja yang harus dituntaskan. Yang tidak begitu penting bisa diabaikan dulu. Tentukan juga tujuan dari setiap tugas tersebut, baik untuk tujuan yang hasilnya instan atau jangka panjang. Tuliskan setiap hal tersebut supaya Anda bisa lebih fokus dan spesifik terhadap apa yang akan dikerjakan.

Daftar dan beri angka
Setelah membuat tujuan dan daftar yang mesti dituntaskan, sekarang beri angka atau urutan. Sediakan waktu setidaknya lima menit sebelum tidur untuk melihat apa yang akan dikerjakan esok hari.

Berkata tidak
Bagaimanapun Anda tidak akan bisa ada di dua tempat di waktu yang bersamaan. Begitu juga membagi pikiran untuk dua kerjaan yang berbeda dengan waktu yang sedikit. Oleh karenanya fokus pada satu hal, dan bila tidak memungkinkan mengerjakan yang lainnya, berani untuk katakan tidak.

Lakukan di saat yang tepat
Pertimbangkan juga kondisi tubuh. Misalkan kapan waktu yang sangat baik, yakni saat stamina sedang penuh, kapan perlu ambil jeda. Menuntaskan pekerjaan penting di pagi hari sangat dianjurkan karena biasanya setelah makan siang level energi menurun.

Disiplin
Tegaskan diri untuk tidak mengintip media sosial di saat jam kerja atau ngobrol dengan teman. Mungkin awalnya Anda hanya berniat jeda sebentar, tapi karena isu di media sosial sedang seru biasanya tanpa disadari Anda sudah membuang waktu selama satu jam. Terapkan disiplin pada diri sendiri agar pekerjaan Anda lebih fokus.  

Ambil jeda
Setelah mendisiplinkan diri dan fokus, ada saatnya memberi jeda. Waktu jeda ini bisa dimanfaatkan untuk rileks dan mengisi ulang tenaga. Berjalan-jalan di taman, ke kantin sebentar, atau sekedar menelepon anak di rumah biasanya efektif untuk mengembalikan semangat.

 

 


Sumber : Kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami