Hindari Stres Agar Tidak Diabetes

Hindari Stres Agar Tidak Diabetes

daniel.tanamal Official Writer
3033

Dijaman yang serba bebas ini gaya hidup setiap pribadi demikian beragam dan juga lebih berani. Sebuah situasi yang memyebabkan banyak juga pribadi yang mengalami pergumulan dan masalah. Mengerikannya banyak dari mereka yang tidak bisa mengelola stress dengan baik.

Salah satu faktor yang menyebabkan penyakit diabetes terjadi adalah ketidakmampuan seseorang dalam mengelola stres. Mereka menjadi kurang berhati-hati terhadap gaya hidupnya. Mulai dari makanan hingga minuman yang tidak terjaga dan dikonsumsi akan beresiko besar setiap orang terjangkit diabetes.

Padahal setiap penyakit itu seperti diabetes dapat dicegah dengan gaya hidup sehat, pola makan gizi seimbang, olahraga teratur, tidak merokok ataupun mengonsumsi alkohol, berperilaku seksual yang bertanggungjawab serta mengendalikan stres.

Terutama di Jakarta, situasi padatnya ibukota dengan jangka waktu yang cukup panjang ketika seseorang bepergian akan membuat sistem imunitas dan hormon seseorang akan terpengaruh dengan meningkatkan detak jantung, membakar energi yang tersimpan, meningkatkan aliran darah ke syaraf dan otot dan meningkatkan kewaspadaan untuk ddapat mengatasi stres yang timbul.

Untuk itulah setiap pribadi yang ingin terhindar dari beberapa penyakit mematikan yang salah satubya adalah diabetes itu untuk mencoba berpikir positif. Penelitian menunjukkan mereka yang berpikiran positif, merasa bahagia dan antusias bisa mengurangi risiko penyakit jantung sebesar 22%.

Strategi lainnya adalah identifikasi apa penyebab timbulnya stres dan buat cara untuk mengatasinya. Sebelum bereaksi terhadap stress, tenangkan pikiran sejenak dengan berjalan misalnya. Sebab aktifitas fisik bisa meningkatkan hormon endorphin sehingga bisa menstabilkan mood.

Selain itu kedekatan dan dukungan sosial baik berupa dukungan emosional, fisik, dan informasi terbukti berpengaruh positif terhadap kesehatan dan kesejahteraan.Mereka yang mempunyai kedekatan hubungan antar manusia terbukti bisa mengatasi stres dan penyakit dengan lebih  baik. Tentu saja pilihlah hubungan yang membuat nyaman sesuai dengan keyakinan dan ekspektasi yang Anda inginkan.

 

 


Sumber : Neraca.co.id
Halaman :
1

Ikuti Kami