Pentingnya Konsultasi Demi Mencapai Karir Terbaik
Sumber: Pstcc.edu

Career / 12 November 2013

Kalangan Sendiri

Pentingnya Konsultasi Demi Mencapai Karir Terbaik

Lori Official Writer
5517

Dunia kerja adalah dunia yang menyuguhkan sejuta tantangan demi mencapai karir terbaik. Namun minimnya pengetahuan dan pengalaman di dunia kerja menjadi kendala untuk memperoleh pekerjaan idaman bagi para lulusan baru.  

Tantangan seperti kurang persiapan diri, tidak punya skill, ketatnya persaingan adalah kendala utama. Tak jauh berbeda, para pekerja yang sudah meniti karir di berbagai bidang pun ternyata akan menghadapi tantangan tertentu baik dari dalam maupun luar diri. Sehingga  diperlukan adanya konsultasi pengembangan potensi diri.

Berikut dua langkah konsultasi karir yang perlu dilakukan oleh calon dan pekerja untuk menghadapi tantangan dunia kerja seperti yang dikutip dari Kompas.com:

1. Job Coaching atau konsultasi persiapan memasuki dunia kerja

Rata-rata berbagai perguruan tinggi akan memberikan pelatihan persiapan menuju dunia kerja kepada para mahasiswanya. Hal inilah yang disebut dengan Job Coaching. Seperti contoh, para lulusan baru perguruan tinggi atau yang masih belum berpengalaman di dunia kerja akan menghadapi berbagai tantangan misal, tantangan dalam memilih karir idaman, tujuan karir dan tantangan dalam proses wawancara kerja. Berbagai arahan ini akan sangat membantu para pencari kerja untuk sukses meniti karir.

2. Career Coaching atau konsultasi peningkatan potensi diri dalam karir

Banyak para pekerja yang mencari bimbingan dan arahan karir lewat pelatihan dan seminar untuk memaksimalkan potensinya. Di dalam career coaching para pekerja akan dituntut untuk kembali mengevaluasi potensinya dalam berkerja, misalnya:

- penilaian akan kinerja yang telah dilakukan dalam pekerjaan

- terus belajar meng-upgrade kemampuan diri

- meningkatkan tanggung jawab diri atas pekerjaan yang dipercayakan

- menjaga kinerja untuk tetap produktif dan memberi dampak yang baik bagi perusahaan atau tempat kerja

Sumber daya yang potensial selalu menjadi incaran penyedia lapangan kerja. Sehingga bagi para calon dan pekerja perlu membenahi diri dalam hal skill, potensi dan produktifitas terbaik.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Inilah Sosok Pemenang Miss Universe 2013

Berbagai Jasa Konsultan dan Asosiasi yang Bisa Diikuti

Rumah Tangga Retak, Picu Perselingkuhan Mantan Hakim Vica?

Kisah Nyata Nana Saragih, Terobsesi Uang Demi Mengejar Pengakuan

Linus Torvalds, Si Genius Rendah Hati Dibalik Linux

Ratusan Anak Belajar Firman Tuhan Lewat Superbook!

Sumber : Kompas.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami