T.B Simatupang Dianugerahi Pahlawan Nasional
Sumber: tribunnews.com

Spirituality / 10 November 2013

Kalangan Sendiri

T.B Simatupang Dianugerahi Pahlawan Nasional

Budhi Marpaung Official Writer
4045

Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 68/TK/Tahun 2013, almarhum Tahi Bonar (T.B) Simatupang menerima anugerah pahlawan nasional dari pemerintah Indonesia. Dalam acara penganugerahan yang berlangsung di Istana Negara, Jumat (7/11) sore, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan langsung anugerah tersebut kepada keluarga Kepala Angkatan Perang Republik Indonesia ini.

Sebagaimana dilansir Sekretariat Kabinet dalam situs resminya, penganugerahan pahlawan nasional merupakan penghargaan dan penghormatan yang tinggi atas jasa-jasa yang luar biasa seorang tokoh perjuangan semasa hidupnya dalam memimpin dan melakukan perjuangan bersenjata atau perjuangan politik atau perjuangan dalam bidang lain untuk mencapai, merebut, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan, serta mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Adapun hal-hal yang menjadi pertimbangan pemerintah menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada T.B Simatupang antara lain karena jasanya dalam membangun TNI, menjadi salah satu dari dua perwira militer Indonesia yang hadir dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag serta menjadi Kepala Staf Angkatan Bersenjata saat dipimpin oleh Panglima Besar Sudirman.

Selain T.B Simatupang, pemerintah juga memberikan anugerah yang sama kepada dua tokoh bangsa Indonesia lainnya yakni almarhum dr. KRT Rajiman Wediodiningrat dan almarhum Lambertus Nicodemus Palar.

 

Baca juga :

Pahlawan Nasional Indonesia dan Fakta di Baliknya

Karena Tuhan yang Luar Biasa  

Sumber : setkab.go.id, inilah.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami