Letusan Gunung Sinabung Hari Ini Disertai Awan Panas
Sumber: Kompas.com

Nasional / 5 November 2013

Kalangan Sendiri

Letusan Gunung Sinabung Hari Ini Disertai Awan Panas

Puji Astuti Official Writer
4027

Meletusnya Gunung Sinabung pada Minggu (3/11) yang berada di Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara ini membuat sekitar 1000 orang lebih harus mengungsi. Bahkan pada hari Selasa ini, letusan diikuti dengan semburan awan panas.

"Teramati awan panas meluncur dari lereng sejauh satu kilometer ke arah tenggara. Ini adalah pertama kali awan panas keluar dari kawah Gunung Sinabung sejak meletus September 2013 yang lalu," demikian jelas Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugrohom, Selasa (5/11).

Letusan awan panas atau yang disebut masyarakat Jawa sebagai "Wedus Gembel" diperkirakan mencapai 5.000 meter lebih. Ini merupakan letusan pertama yang disertai dengan awan panas. Namun hingga kini belum ada laporan adanya korban jiwa akibat letusan ini.

Hingga saat ini pemerintah daerah menetapkan status Siaga  level III, dan masyarakat dihimbau untuk tidak beraktivitas di radius 3 kilometer dari Sinabung. Selain itu dikarenakan sudah memasuki musim hujan sejak beberapa hari terakhir, BNPB meminta masyarakat yang bermukim di sekitar sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung Sinabung agar waspada akan adanya banjir lahar.

Pemerintah bersama BNPB semakin hari menjadi semakin baik dalam menangani berbagai bencana yang terjadi di berbagai wilayah negeri ini dengan belajar dari masa lalu. Dengan kewaspadaan dan kesigapan dalam menghadapi bencana seperti letusan Gunung Sinabung ini dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa.

Baca juga artikel lainnya :

Gunung Sinabung Meletus, 3710 Orang Mengungsi

Selamat Meski Ke Gunung Aktif, Grace Natalie Percaya Penyertaan Tuhan

Uniknya Tes CPNS 2013, Dari Melahirkan Hingga Penyanderaan

Messi Mandul Gol, Karir di Barca Meredup?

Cara Berkomunikasi Yang Efektif Dalam Pernikahan (2)

Firman Tuhan Menggema di Media

Sumber : Detik.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami