Pertobatan Reza Nangin : Kamu Berharga di Mata-Ku

Pertobatan Reza Nangin : Kamu Berharga di Mata-Ku

Lois Official Writer
25035

Baru-baru ini, tim Jawaban.com sempat mewawancarai Reza Nangin yang terkenal karena parody Jokowi-Ahok di youtube. Parodi yang mengangkat tema tentang pentingnya pejabat yang ‘bersih’ itu ditayangkan sewaktu hangat-hangatnya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur 2013-2019. Lagunya diambil dari One Direction – Your Beautiful.

Bicara tentang Reza Nangin, yang baru-baru ini mendapat peran utama di Cinta Tapi Beda, punya kisah menarik di bidang spiritual. Meski lahir di lingkungan Kristen, hal itu tidak lantas membuat Reza langsung jatuh cinta pada Tuhan. Dia mengalami lahir baru pada tahun 2003 saat dirinya berumur 20 tahun. Bagaimana kisahnya?

Sejak SMP, Reza sudah merasakan yang namanya narkoba. Berasal dari keluarga yang broken home, membuatnya mencari kebahagiaan di luar. “Pokoknya semuanya pernah dicobain, kayak udah berenang ya di situ,” ujar Reza.

Tahun 2003 itu, Reza yang keluar dari kampusnya, diajak om dan tantenya ke Singapura dengan pegangan uang secukupnya. Namun setelah 3 bulan, Reza belum juga mendapat pekerjaan. “Akhirnya diajakinlah ke persekutuan doa gitu. Seneng gitu ikut persekutuan doa, karena ada makan-makannya,” ujar Reza mengenang ketika susahnya dia harus bertahan hidup di Singapura. Sejak dari situ, diapun sering diajak ke gereja. Setelah bergereja dan melayani Tuhan di bidang musik sebagai singer, tak membuat Reza berhenti merokok.

Suatu hari, salah satu teman gerejanya mengatakan Ahma Jeyaretnam, seorang pengkhotbah India akan berkhotbah di gereja mereka. “Jadi dia bisa tahu gitu elo kenapa-kenapa, jadi transparanlah.” ujar temannya ketika itu.

“Waduh, takut gue langsung..oh oh” kata Reza kemudian.

“Udah, kamu doa puasa aja sejak dari Jumat, sapa tahu dibilangin baik-baik nanti.” balas temannya.

Akhirnya, Reza pun berpuasa. Di hari Minggu yang ditentukan, Eca, panggilan akrab Reza hanya duduk diam saat orang yang lain minta didoakan. Teman yang sama kembali menghampirinya. “Ca, emang kamu ga mau tahu dia bakalan ngomong apa soal hidup kamu?” Hal itu membuat Eca maju dan inilah yang mengubah hidupnya.

“Dia ngeliat gue, dia pegang pundak gitu, abis itu dia ngomong gini, ‘Kamu akan dipake Tuhan. Kamu akan dipake Tuhan luar biasa. Kamu akan dipake Tuhan ke bangsa-bangsa sama seperti Yeremia.”

Eca yang saat itu tidak tahu siapa Yeremia, menyimpan hal itu dalam hatinya. Lantas, pertanyaan di dalam hatinya yaitu “Mengapa Tuhan mau pakai dia?” Jawaban itu langsung datang dari mulut sang pendeta. “Karena kamu berharga di mata Tuhan.”

“Kata-kata itu adalah kalimat yang nggak pernah gua denger. Bahkan orang-orang terdekat gua pun ga pernah ada yang bilang. Itu yang pertama kali gua denger. Kalimat itu yang buat gua berubah sampai sekarang.” jelas Eca.

“Pulang dari situ, gua cuma bisa nangis doang gitu ya. Mulai dari situ, gua coba buka Yeremia,” jelas Eca lagi. “Mulai dari situlah, saat itu juga gua berhenti (merokok).” Sekarang, sudah 10 tahun keinginan itu tidak ada lagi.

Tuhan tahu apa yang kita butuhkan dan mampu menolong kita. Dia memberikan kasih-Nya secara luar biasa dan membuat kehidupan kita yang penuh lika-liku diubahkan. Namun, dalam menjalani kehidupan ini, kita juga perlu ingat bahwa kita perlu setia dan terus memperbaiki hingga serupa dengan-Nya.

 

Baca juga :

Yang Ada di Dalam Kotak

Latihan Fisik yang Dapat Sembuhkan Osteoporosis

3 Resep Jenis Mayonaise Untuk Anda

Pilates, Rahasia Artis-Artis Hollywood Ini Berperut Ramping

Anak Bermasalah? Orangtua yang Harus Instropeksi

Cakupan Musik Dalam Berkarir

Oktober dan November JCers, Salute!

Sumber : jawaban.com by lois horiyanti

Ikuti Kami