Kenakalan Remaja Dampak Dari Orangtua Nakal

Psikologi / 2 November 2013

Kalangan Sendiri

Kenakalan Remaja Dampak Dari Orangtua Nakal

daniel.tanamal Official Writer
7650

Kasus video asusila pelajar SMP yang menggegerkan masyarakat baru-baru ini ternyata merupakan salah satu contoh bahwa didikan dari orangtua mempengaruhi kejiwaan dari sang anak. Karakter remaja merupakan cerminan pola pengasuhan yang diperoleh dari lingkungan, terutama orangtua.

Bila orangtua tidak mengasuh dengan benar, maka remaja dipastikan memiliki pribadi yang buruk. Namun sebaliknya, remaja dengan orangtua yang baik akan mengembangkan kepribadian positif dalam menghadapi masa labilnya. "Tak bisa dipungkiri orangtua berperan besar dalam peristiwa ini. Orangtua anak tersebut mungkin 'nakal' dan tidak memberi hak anak terkait masalah seksual," kata dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat UI (FKM-UI), dr Rita Damayanti SPsi, MSPH.

Terkait hak anak, Rita berpendapat, mungkin orangtua pelaku masih beranggapan seks adalah sesuatu yang tabu. Hal tersebut tidak sesuai dengan kepribadian anak sekarang yang kerap bertanya dengan awalan kenapa. Pertanyaan sebab akibat tersebut kebanyakan berbuah keingintahuan lain. Bila tidak memperoleh jawaban meyakinkan, maka anak akan menjadi sangat penasaran dan berusaha memenuhi keingintahuannya.

Bentakan atau omelan, kata Rita, hanya meredam sementara keingintahuan anak. Bila efeknya sudah hilang, maka segala pelarangan tidak lagi memiliki pengaruh. Pengekangan justru memancing rasa penasaran yang menuntut agar hal itu segera terpenuhi. Akibatnya anak segera mendatangi sumber informasi terdekat dan termudah, yang tentunya bukan orangtua. Padahal sumber tersebut tidak memiliki info akurat.

Menghadapi kondisi ini, Rita menyarankan agar orangtua segera mengubah pola pikir yang meyakini seks adalah tabu. Hal ini didukung survei yang mengatakan, 50-60 persen remaja tidak mengetahui, sekali berhubungan seksual bisa menyebabkan kehamilan.

Orangtua, ujar Rita, harus menjadi pembimbing yang baik. Pembimbing di sini tidak sebatas melarang, tetapi menjelaskan sebab tidak boleh melakukan sesuatu. Selanjutnya, sedapat mungkin orangtua harus masuk ke lingkungan pergaulan anak. Dengan demikian, orangtua bisa mengetahui apa yang sedang tren dan apakah baik untuk perkembangan remaja.

Terkait pendidikan seks, Rita menyarankan agar orangtua bekerja sama dengan pihak sekolah. Pendidikan seks sebaiknya diberikan langsung oleh tenaga kesehatan yang tersedia. Penjelasan oleh dokter atau bidan dinilai lebih netral, dan menjawab keingintahuan remaja terkait seks dan reproduksi.

 


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami