4 Pilihan Bisnis Dalam Dunia Musik

4 Pilihan Bisnis Dalam Dunia Musik

Lori Official Writer
19255

Dewasa ini musik seakan menjadi kebutuhan yang tak terlepas dari kehidupan. Mulai dari anak muda, dewasa hingga tua menyukai musik sebagai bagian dari irama kehidupan. Selain itu, musik tak lagi hanya sebatas hiburan, namun bahkan dapat dimanfaatkan sebagai karir dan bisnis.

Fakta ini tentunya mendorong banyak kalangan memanfaatkan musik sebagai lahan investasi masa depan yang menjanjikan bagi para pecinta musik baik lewat kreatifitas ataupun kemampuannya. Berikut sejumlah bidang bisnis musik yang dapat Anda garap.

#Kursus musik/vokal

Pasangan selebriti Judika dan Dumariris adalah salah satu contoh yang tengah mengembangkan bisnis kursus musik dan vokal. Meski terbilang masih berusia muda, namun usaha ini diharapkan dapat semakin berkembang ke depan. Namun tak dipungkiri bahwa modal yang besar akan menjadi kendala lantaran harus memikirkan berbagai hal seperti tempat, alat musik, pengajar dan guru. Namun jangan pesimis dulu! Anda dapat menyiasatinya dengan bergabung dengan teman sesame pecinta musik dan manfaatkan tenaga sendiri niscaya dapat memberi hasil yang baik.

#Jual alat musik modern/tradisional

Banyak sudah yang berhasil lewat bisnis musik tradisional ataupun modern ini. Salah satu diantaranya Ikrar Mallarangeng yang telah sukses membangun usaha bagi masa depannya lewat hasil kreatifnya memproduksi alat musik tradisional. Bila Anda benar-benar berbakat sebagai seniman atau musisi, cobalah untuk menanbung masa depan Anda lewat usaha ini.  

#Jual musik digital

Kehadiran media sebagai salah satu sumber utama untuk dapat menikmati berbagai ragam genre musik, menjadikan eksistensi musik digital menjadi sangat penting. Fakta yang menunjukkan bahwa setiap orang dapat mendownload sekitar 13.000 lagu setiap menitnya lewat situs penjualan online itunes menjadi fenomena yang luar biasa di dunia. Musik digital ini diramalkan akan menjadi sektor ekonomi kreatif masa depan yang mengintegrasikan komunikasi dengan musik dan hiburan.

#Bisnis sekolah musik

Punya usaha sekolah musik menjadi sangat populer. Pasalnya, musik menjadi pilihan bagi banyak anak muda jaman sekarang lewat berbagai ajang-ajang pencarian bakat bermusik. Usaha ini juga menjadi salah satu prospek hidup yang menjanjikan di kemudian hari. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah menentukan segmen pasar, kurikulum sekolah, tenaga pengajar serta jenis alat musiknya.

Bila sudah menyadari potensi Anda di bidang musik, maka manfaatkan kemampuan tersebut sebagai sumber pendapatan bagi masa depan Anda.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Meraih Sukses di Dunia Musik Lewat Jalur Indie

Sokola Rimba, Kisah Butet Cerdaskan Anak Rimba

Paus Francis Gelar Pengangkatan Kardinal Baru yang Berbeda

Erick Thohir Incar Radja Nainggolan

Osteoporosis Rentan Diderita Kaum Hawa

Firman Tuhan Menggema di Media


Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami