Sayangkan 'Sweeping' Buruh, Ahok Ajak Diskusi Bersama
Sumber: jawaban.com

Nasional / 31 October 2013

Kalangan Sendiri

Sayangkan 'Sweeping' Buruh, Ahok Ajak Diskusi Bersama

Lori Official Writer
3577

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyayangkan terjadinya sweeping buruh di sejumlah wilayah Jakarta dan sekitar. Ia menilai aksi ini hanya akan merugikan para buruh semata sehingga ada baiknya buruh melakukan diskusi bersama dengan pemerintah.

Bagi Ahok, aksi unjuk rasa dan ‘sweeping’ buruh yang mengharuskan penghentian aktifitas kerja berdampak besar pada proses produksi pabrik dan mempengaruhi pembayaran pendapatan para buruh.

“Kalau mereka semua mogok kerja, lalu siapa yang mau menggajinya? Kan kasihan buruhnya juga, setelah itu mau makan apa? Bagaimana membiayai keluarganya? Makanya, tidak perlu ‘sweeping’ lah,” ujar Ahok, seperti dilansir Republika.co.id, Kamis (31/10).

Ahok mengakui mengetahui jelas persoalan para buruh dengan berupaya untuk menyampaikan aspirasinya. Namun dirinya tetap menyalahkan bila buruh harus memilih untuk ‘sweeping’. Ahok menyarankan, ada baiknya bila buruh dapat duduk bersama dengan pemerintah untuk mencapai solusi terbaik.

“Sama-sama duduk bersama begitu lho, kita juga pemerintah membantu supaya nilai kebutuhan hidup layak (KHL)-nya rendah dengan cara KJS, KPJ, transportasi murah dan tempat tinggal murah. Jadi mari kita duduk bersama,” tandasnya.

Rencananya, aksi mogok nasional oleh berbagai serikat buruh ini akan berlangsung selama dua hari, yakni 31 Oktober dan 1 November 2013. Seperti sebelum-sebelumnya, aksi demo ini masih tetap seputar tuntutan kenaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) menjadi Rp3.7 juta/bulan, penghapusan outsourcing serta kenaikan Komponen Hidup Layak (KHL).

Ironis memang bila aksi unjuk rasa kerap dilakukan oleh kaum buruh. Namun tanpa menutup mata, sudah saatnya pemerintah dan buruh bersepakat untuk mencapai solusi atas persoalan upah yang dinilai masih belum mensejahterakan buruh ini.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Pemerintah DKI Jakarta Siapkan Dana Darurat Banjir

DPR Setujui Pemekaran 8 Provinsi Baru

Lagu 'No Woman, No Drive', Sindir Larangan Mengemudi di Saudi

Osteoporosis Rentan Diderita Kaum Hawa

The Hobbit: The Desolation of Smaug, Segera Menghias Layar Kaca

Inilah Daftar Pemain Timnas U-23 untuk SEA Games 2013

Sudah Jadi Berkat Sejak Usia 14 Tahun

Sumber : Kompas | Republika | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami