Lagu 'No Woman, No Drive', Sindir Larangan Mengemudi di Saudi
Sumber: News.com.au

Nasional / 30 October 2013

Kalangan Sendiri

Lagu 'No Woman, No Drive', Sindir Larangan Mengemudi di Saudi

Lori Official Writer
6434

Sebuah video ‘No Woman, No Drive’ dinilai sebagai bentuk sindiran terhadap larangan mengemudi bagi perempuan Arab Saudi telah beredar luas di internet. Lagu ini merupakan gubahan dari lagu penyanyi legendaris Bob Marley ‘No Woman, No Cry’.

Lagu ini dinyanyikan oleh dua pria komedian Saudi yang bernama Hiyam Fageeh dan Fahad Al Butairi. Mereka menyebut dirinya sebagai artis dan aktivis sosial. Dalam video tersebut, Fageeh sebagai penyanyi tampak mengenakan pakaian berjubah putih dengan sorban kotak-kotak khas Saudi.

Sejak Sabtu (26/10) hingga berita ini diturunkan, video berdurasi 4.15 menit ini telah diputar oleh lebih dari enam juta pengunjung situs Youtube. Liriknya mengkritik larangan para ulama Saudi yang menyatakan bahwa mengemudi berbahaya bagi kandungan perempuan.

“Saya pribadi berpikir bahwa penting bagi perempuan untuk dapat mengemudi, itu akan menjadi lebih baik bagi masyarakat,” ujar Butairi, seperti dilansir dari Huffingtonpost.com, Senin (28/10).

Adapun Fageeh menyatakan, lagu ini hanya bertujuan untuk membagikan hal positif bagi masyarakat. Lagu ini disebut sebagai kontribusi kecil yang berbarengan dengan kampanye perempuan terhadap penolakan larangan tersebut pada Sabtu (26/10).

Larangan mengemudi bagi perempuan Arab Saudi ini telah terjadi sejak lama. Larangan ini dinilai tidak formal sebab tidak terdapat dalam undang-undang, sehingga memicu protes dari kaum perempuan Saudi yang menganggap kebebasan dan haknya terenggut.

Hakikatnya baik laki-laki dan perempuan memiliki kedudukan yang sama di mata hukum maupun Tuhan, hanya saja norma budaya dan cara pandang yang keliru mengaburkan nilai penting ini.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Badai dan Angin Kencang Terjang Eropa

Gara-gara Monyet, Jokowi Disemprot Ridwan Saidi

Kardinal Katolik Roma Ingatkan Gereja Soal Intoleransi

Penampilan Rapi Pengaruhi Kesuksesan Karir (2)

Buktikan Sendiri Ayat 'Berilah Maka Kamu Akan Diberi'

Inilah Daftar Pemain Timnas U-23 untuk SEA Games 2013

Sumber : Huffingtonpost.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami