7 Langkah Praktis Memulai Usaha Fashion

7 Langkah Praktis Memulai Usaha Fashion

Puji Astuti Official Writer
25517

Dunia fashion tidak pernah sepi dan selalu saja ada trend baru yang muncul. Untuk itu geliat bisnis fashion terus terjadi, bahkan berevolusi dalam berbagai bentuk, memunculkan banyak peluang baru. Fashion tidak dibatasi oleh pakaian saja, namun dari segala sesuatu yang menghiasi tubuh manusia dari ujung kepala hingga ujung kaki, jadi bisa dikatakan bisnis ini sangat luas dan menawarkan sejuta peluang bagi yang kreatif.

Menarik bukan? Tapi bagaimana caranya memulai bisnis online? Berikut adalah tips dari Jawaban.com:

1. Riset dan tentukan jenis bisnis fashion dan target pasar Anda
Sebelum memulai untuk membangun usaha, lakukanlah riset untuk mendapatkan gambaran tentang kebutuhan atau permintaan pasar. Ada berbagai jenis orang, seperti mereka yang ingin pakaian yang baik dan harga terjangkau dan dibeli dengan mudah  melalui internet atau juga ada yang ingin benar-benar mengikuti mode. Dua target market ini akan menentukan jenis barang yang akan Anda jual, cara marketing, bentuk toko atau butik, dll. Jika Anda sudah cukup mendapatkan informasi, tentukanlah bisnis fashion seperti apa yang Anda ingin bangun.

2. Buatlah business plan berdasarkan riset Anda. Buatlah rencana bisnis yang matang, mulai dari anggaran, alur penanganan mulai dari suplier sampai di toko anda, proses transaksi, pengiriman, sistem retur, dll. Jika Anda ingin memproduksi produk Anda sendiri, berarti ada tambahan seperti disain produk, mencari konfeksi atau pabrik yang akan memproduksi, menentukan brand atau merek, hingga cara mempromosikan brand Anda.

3. Siapkan legalitas bisnis Anda, mulai dengan mempatenkan merek, dasar hukum untuk usaha Anda dengan membentuk perusahaan seperti CV atau PT.

4. Carilah vendor atau suplier barang yang Anda butuhkan. Jika Anda ingin memproduksi produk Anda senderi, mungkin yang perlu dipikirkan adalah suplier untuk bahan baku dari produk Anda. Namun jika tidak, maka Anda harus menjajaki kerjasama dengan berbagai suplier produk fashion yang Anda inginkan.

5. Jika Anda ingin membuka toko atau butik dalam bentuk fisik, pertimbangan selanjutnya adalah lokasi hal ini akan sangat menentukan untuk menjangkau target market Anda.

6. Siapkan toko online Anda. Sekalipun Anda fokus untuk membuka toko dalam bentuk fisik, namun toko online akan mendukung penjualan dan membangun brand Anda secara online. Jadi hal ini sangat penting untuk dipersiapkan dengan sebaik mungkin.

7. Perkuat sistem dan tim marketing Anda. Ini adalah ujung tombak usaha Anda, karena keberhasilan Anda untuk mempromosikan toko dan brand yang Anda jual akan menentukan seberapa besar pemasukan Anda.

Menjadi seorang entrepreneur memang menggiurkan, namun bukanlah sesuatu yang mudah. Anda jangan mudah menyerah saat menghadapi tantangan, terus asah kreativitas dan bekerja keras. Percayalah, suatu saat usaha Anda akan memberikan hasil yang melebihi harapan Anda.

Baca juga artikel lainnya :

Ruang Lingkup Fashion Sebagai Fokus Karir

Mantan Model Victoria's Secret Ini Rilis Busana Tema Kristiani

Fashion Oprah Winfrey Terinspirasi Michelle Obama

Diusia 7 Tahun, Suri Cruise Luncurkan Brand Fashionnya Sendiri

Para Difable Yang Menginspirasi

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami