Ruang Lingkup Fashion Sebagai Fokus Karir

Career / 22 October 2013

Kalangan Sendiri

Ruang Lingkup Fashion Sebagai Fokus Karir

Lois Official Writer
13123

Ruang lingkup seseorang yang bergerak di bidang fashion sangat luas. Dimana dia bisa menapaki karirnya, hal tersebut sangat tergantung pada ketertarikannya pada segmen tertentu. Ada yang hanya tertarik untuk menjual, ada yang tertarik lebih ke arah design, ada pula yang lebih tertarik pada dunia model. Meskipun sama-sama bidang fashion, berikut ini beberapa segmen yang dapat digeluti :

Fashion Designer

Menciptakan busana yang sedap dipandang mata tentu jadi passion seseorang yang menjadi fashion designer. Lihat saja produk Louis Vuitton yang karyanya selalu mempunyai lambang LV, singkatan dari nama produk tersebut. Lihat juga bagaimana Wong’s Tailor yang khusus dalam menciptakan jas ataupun kemeja yang luxury. Jika ingin berada di bidang ini, saatnya Anda memikirkan ciri khas yang ingin Anda jadikan dalam design pakaian Anda.

Model atau Peragawan/i

Baik pria dan wanita bisa tampil menawan di atas panggung dengan memamerkan pakaian yang mereka kenakan, dengan tujuan agar orang yang melihat pakaian tersebut tertarik dan membelinya. Hal yang paling diperlukan dalam bidang karir ini adalah menjaga penampilan tubuh.

Pemerhati Fashion

Jika dalam kuliner saja ada yang bisa berprofesi sebagai pengkritik suatu masakan, maka begitu juga dalam dunia fashion. Tentu orang seperti ini harus berpengalaman di bidang fashion, orang-orang yang berhasil di bidang ini sehingga mampu menilai dengan tepat fashion yang dihasilkan orang lain.

Penjual Pakaian

Orang lain yang memasok pakaian dan dijual di toko-toko pakaian. Kita sebut saja Sogo misalnya. Ada beberapa merk yang ditemukan di dalam toko ini sehingga pelanggan dengan mudah dapat menemukan merk kesayangannya. Jika bisnisnya masih kecil, pakaian yang dipajang mungkin belum bisa yang bermerk terkenal namun matanya harus jeli melihat trend busana apa yang sedang diminati pasar. Ada pula yang khusus menjual pakaian bayi, pakaian dalam, ataupun pakaian pria / wanita.

Penjual Kain

Kain bisa digunakan untuk apa saja termasuk pakaian. Jika kita tidak bisa menjahit, tak bisa mendesain tapi ingin bergerak di bidang fashion, maka bidang ini dapat kita pilih. Kain yang dijual biasanya dalam bentuk meteran. Jika bisa menjahit, biasanya menyediakan jasa pemesanan pembuatan pakaian sesuai keinginan pelanggan.

Penjual Perlengkapan Pakaian

Pakaian tidak hanya terdiri dari kain. Ada benang, kancing, manik, payet, dan lain sebagainya. Ada pula orang-orang yang tertarik untuk mengusahakan hal ini dan biasanya untungnya pun lumayan. Yang perlu diketahui adalah perlengkapan pakaian yang bagaimana yang lagi trend dan dimana membeli bahan tersebut.

Penjual Online

Mirip dengan penjual pakaian, orang pun bisa menjual secara online, di dunia maya. Terkadang ada penjual toko yang sekaligus berfungsi sebagai penjual online. Mereka mendapat pelanggan dari dua arah dan ini dapat dijadikan alternatif buat karir Anda.

Penjahit dan Konveksi

Ada pula penjahit kecil-kecilan, ada yang penjahit ternama, ada pula yang namanya konveksi dimana pakaian yang dihasilkan dalam jumlah besar dan biasanya sama designnya.

Yang mana jadi pilihan karir Anda? Tentu Anda harus lihat berdasarkan minat dan bakat yang ada pada Anda sehingga tepat sasaran dan dapat menjadi yang terbaik di bidangnya.

 

Baca juga :

Mengenal Alkohol dalam Produk Kecantikan

Bagaimana Memperoleh Masa Depan Gemilang?

Film Review : Ketika Pengedar Obat Terlarang Jatuh Cinta Pada Gadis Gereja

Cara Mengatasi Hobi Balita yang Berbahaya

Tubuh yang Tidak Fit Akibat Kolesterol, Ini Tandanya

Pertolongan dari Seorang Sahabat

Nugget dan Kandungan Ayam di Dalamnya


Sumber : jawaban.com by lois horiyanti
Halaman :
1

Ikuti Kami