Planet Baru Ditemukan Melayang Sendirian

Nasional / 20 October 2013

Kalangan Sendiri

Planet Baru Ditemukan Melayang Sendirian

Yenny Kartika Official Writer
6557

Astronom telah menemukan sebuah planet baru berukuran 6 kali lipat Jupiter, berjarak 80 tahun cahaya dari planet Bumi, dan tidak memiliki matahari. Benda angkasa ini melayang tanpa orbit, dan diperkirakan berusia 12 juta tahun.

Menurut ketua tim astronom, Michael Liu, pihaknya tidak pernah melihat objek yang melayang dengan bebas di angkasa seperti planet ini.

“Benda ini memiliki semua karakteristik seperti planet-planet muda yang mengitari bintang-bintang, namun ia melayang di sana sendirian. Aku pernah bertanya-tanya apakah objek terpencil seperti itu memang ada, dan sekarang kita tahu jawabannya,” kata Liu.

Planet ini kini dinamai PSO J318.5-22 dan bisa jadi merupakan planet pertama yang melayang bebas. Meskipun demikian, astronom belum paham mengapa dia terpisah dari bintang induknya. Planet PSO secara tidak sengaja ditemukan oleh astronom saat mereka sedang mencari ‘brown dwarf’ (bintang gagal).

Dikabarkan, dari sekian ribu planet yang ditemukan di luar tata surya kita sejak puluhan tahun lalu, hanya sedikit di antaranya yang ditemukan melalui ‘pencitraan langsung’.

“Planet-planet yang ditemukan melalui pencitraan langsung benar-benar sulit untuk dipelajari, karena mereka berada tepat di sebelah bintang-bintangnya yang begitu cemerlang. Planet PSO J318.5-22 tidak mengitari bintang apapun, sehingga jauh lebih mudah untuk dipelajari,” kata Dr. Niall Deacon dari Max Planck Institute untuk Astronomi di Jerman.

Jagad raya ini begitu luas, bahkan mungkin tak terbatas. Dunia dan segala isinya kadang membuat kita terheran-heran, karena ada begitu banyak keajaiban yang melampaui level logika manusia. Namun itu semua menunjukkan betapa mulia, kreatif, dan agungnya Sang Pencipta, Tuhan.

 

BACA JUGA:

Video Penciptaan Bumi Stephen Hawking Cocok dengan Alkitab

Bumi Masih Bisa Dihuni Sampai 1,75 Juta Tahun Lagi

Bumi Akan Berputar 960 Jam/hari dan Fakta Menarik Lainnya

Ilmuwan Temukan Tiga Planet Baru yang Dapat Dihuni

Tips Simpel Beternak Sapi

Dove Awards 2013: Jangan Tertekan Jika Kalah

Sekolah Pakistan Ajarkan Murid untuk Bunuh Orang Kristen

Kisah Nyata Perjudian Achoi yang Hancurkan Batin Sang Istri

Vatikan Salah Eja Kata 'Yesus' pada Koin Medali

Yesus Bertato, Setuju atau Tidak?

Ingin Seperti Apa Anda Dikenang Nanti?

Sumber : Newsmax | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami