Profil Trio Pengusaha Indonesia yang Kuasai Inter Milan
Sumber: LaGazzetta dello Sport

Nasional / 19 October 2013

Kalangan Sendiri

Profil Trio Pengusaha Indonesia yang Kuasai Inter Milan

Lois Official Writer
4211

Dengan 70 persen saham klub Inter Milan di tangan, trio pengusaha asal Indonesia ini resmi menjadi pemilik klub Italia per tanggal 15 Oktober 2013. Ketiganya bernama Erick Thohir, Rosan Roeslani, dan Handy Soetedjo. Siapakah ketiga orang ini dan bagaimana latar belakang mereka? Berikut ulasannya.

Erick Thohir

Thohir merupakan lulusan S2 Ekonomi dari Amerika Serikat, mempunyai 4 anak dan terjun ke dunia bisnis saat meneruskan warisan ayahnya di bidang restoran yakni Hanamasa dn Pronto di era 1993 hingga 1998. Pernah menggeluti bisnis trading, namun namanya dikenal setelah menggeluti bisnis media dan hiburan.

Pada 1993 dia mendirikan Grup Mahaka. Tahun 2001 dia membeli koran Republika, Jak TV, dan beberapa radio seperti Gen FM, Delta FM, dan Female Radio. Dia juga pemegang saham minoritas di TVOne.

Di sisi lain, ketertarikannya pada bidang olahraga pun dia tunjukkan saat masih kuliah di Amerika. Kecintaannya pada basket membuatnya bergabung dalam konsorsium yang memiliki klub basket Amerika, Philadelphia 76ers. Dia juga dikenal sebagai salah satu pemilik klub sepakbola Major League Soccer (MLS) DC United. Saat ini namanya makin melambung saat menguasai klub Inter Milan.

Rosan Roesiani

Meski belum banyak yang mengenal namanya, Roesiani dikenal di kalangan pebisnis Indonesia. Lulusan S3 Administrasi Bisnis dari Belgia ini dikenal sebagai pebisnis yang fokus pada sektor strategis seperti bidang perbankan, infrastruktur, real estate, dan pariwisata. Ia juga mitra Thohir dengan menjabat sebagai komisaris di Mahaka Media Tbk.

Handy Soetedjo

Dengan latar belakang pendidikan finance di University of Pittsburgh Kats Graduate School of Business, Amerika, ayah dua anak ini juga merupakan mitra Thohir di Mahaka Group serta ikut menjadi pemilik klub NBA Philadelphia 76ers pada 2011. Selain itu, Soetedjo banyak bergerak di bidang usaha seperti bidang batu bara, minyak dan gas, real estate, serta berbagai perusahaan media lainnya melalui PT Midasia Capital.

Tentu akan ada perubahan-perubahan dan kebijakan baru saat pemilik baru Inter Milan ini berkuasa. Sebuah pencapaian luar biasa bahwa anak Indonesia mampu membeli klub internasional, yang berarti bahwa perekonomian di Indonesia memang cukup kuat dan kecintaan pada olahraga pun terlihat.

 

Baca juga :

Kita Anak Terang, Jangan Dirusak dengan Hal-Hal Ini

Mengenal Alkohol dalam Produk Kecantikan

Bagaimana Memperoleh Masa Depan Gemilang?

3 Cara Ubah Hobi Jadi Pemersatu Suami Istri

Film Review : Ketika Pengedar Obat Terlarang Jatuh Cinta Pada Gadis Gereja

Cara Mengatasi Hobi Balita yang Berbahaya

Tubuh yang Tidak Fit Akibat Kolesterol, Ini Tandanya

Pertolongan dari Seorang Sahabat

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami