Lukisan Perjamuan Terakhir Ala China Pecahkan Rekor
Sumber: CNN

Internasional / 19 October 2013

Kalangan Sendiri

Lukisan Perjamuan Terakhir Ala China Pecahkan Rekor

Lois Official Writer
12069

Sebuah lukisan cat minyak karya pelukis China, Zeng Fanzhi memecahkan rekor sebagai lukisan termahal dalam dunia lukis kontemporer Asia. Lukisan ini terjual senilai $23,3 juta AS (sekitar Rp 250 miliar) saat dilakukan lelang Sotheby, Hong Kong. Harga awal dipatok $9 juta. Rekor termahal karya seni sebelumnya dipegang oleh patung karya Takashi Murakami dari Jepang yang terjual seharga $15 juta (Rp 160 miliar) di New York pada 2008 yang lalu.

Lukisan itu dijual oleh kolektor asal Swiss, Guy dan Myriam Ullens de Schooten yang membelinya di Galeri Beijing pada 2012 lampau. Lukisan yang dibuat 2011 ini adalah perekaan ulang karya masterpiece seniman Italia Leonardo Da Vinci, The Last Supper atau juga disebut sebagai Perjamuan Terakhir, perjamuan yang menggambarkan Yesus dengan 12 murid-Nya, sebelum kemudian Dia dikhianati oleh Yudas.

Namun, ada yang berbeda dengan lukisan ini. Lukisan selebar 4 meter yang dibeli oleh seorang kolektor yang tak mau disebut namanya hanya 15 menit setelah pembukaan penawaran melalui lelang ini tidak terlihat seperti lukisan Da Vinci. Dalam lukisan Zeng, figur Yesus diganti oleh seorang pemuda komunis yang menggunakan dasi merah. Figur Yudas menggunakan pakaian Barat dengan dasi kuning.

“Lukisan itu menggambarkan periode transformasi di masyarakat China,” ujar Kepala Seni Kontemporer Asia di Sotheby, Evelyn Lin pada awal Oktober lalu. Menurutnya lagi, harga yang didapat lukisan itu menunjukkan pasar seni di China sangat sehat.

Penggambaran sebuah karya seni dapat mempunyai makna yang luas. Sama seperti lukisan Perjamuan Terakhir yang punya makna mendalam bagaimana Yesus mengadakan perjamuan terakhir-Nya, begitu pula lukisan Zeng ini. Gambaran yang diberikan terkadang lebih jelas dari banyak kata-kata.

 

Baca juga :

Kita Anak Terang, Jangan Dirusak dengan Hal-Hal Ini

Mengenal Alkohol dalam Produk Kecantikan

Bagaimana Memperoleh Masa Depan Gemilang?

3 Cara Ubah Hobi Jadi Pemersatu Suami Istri

Film Review : Ketika Pengedar Obat Terlarang Jatuh Cinta Pada Gadis Gereja

Cara Mengatasi Hobi Balita yang Berbahaya

Tubuh yang Tidak Fit Akibat Kolesterol, Ini Tandanya

Pertolongan dari Seorang Sahabat

Sumber : skalanews.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami