Bila Amerika 'Default', Dunia Bakal Terancam Resesi
Sumber: mitrainvestor.com

Nasional / 16 October 2013

Kalangan Sendiri

Bila Amerika 'Default', Dunia Bakal Terancam Resesi

Lori Official Writer
5307

Amerika hanya memiliki waktu satu hari lagi untuk membayar utangnya, sebab bila ‘default’ atau gagal maka ancaman resesi dunia akan terjadi. Hal ini bakal dianggap sebagai kegagalan Amerika Serikat (AS) atas kewajiban membayar utang untuk pertama kalinya.

Utang Amerika Serikat sendiri yang harus dibayarkan mencapai hampir 17 Triliun dollar AS. Bila pemerintah AS melewati tenggat waktu pelunasan Kamis (17/10) esok, maka pembekuan dan ancaman ekonomi global akan menjadi hal terburuk yang akan terjadi.

Sejumlah pihak telah memprediksi dampak terburuk yang akan dialami oleh AS. Seperti yang diungkapkan oleh Direktur Dana Moneter Internasional (IMF), Christine Lagarde, bahwa dampaknya akan berimbas pada terjadinya resesi atau kemunduran terhadap perekonomian dunia.

“Gagal bayar akan menjadi gangguan, yang menyebabkan ketidakpastian dan kurangnya kepercayaan terhadap AS. Itu berarti gangguan besar di seluruh dunia dan kita kena risiko terpuruk lagi dalam resesi,” ujar Lagarde, saat wawancara di stasiun televisi ABC, Minggu (13/10).

Hingga kini, Partai Republik yang menguasai DPR dan Demokrat harus terus berupaya melakukan negosiasi seputar penaikan plafon utang. Bila hingga esok Amerika akhirnya dinyatakan ‘default’ atau belum dapat melunasi utang-utangnya, maka kehancuran ekonomi negeri paman Sam tersebut jelas sudah diambang pintu.

Kontribusi Amerika dalam perekonomian Dunia sangatlah besar, sebab posisi ekonomi global tergantung pada kestabilan ekonomi AS. Jelas bahwa hal terburuk yang akan terjadi adalah timbulnya peningkatan pengangguran serta merosot atau lesunya kondisi perdagangan dan investasi global.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Meski Dilarang, Gereja-gereja di Borneo Tetap Pakai Kata 'Allah'

SBY Sumbang 1 Ton Sapi di Hari Idul Adha 1434 H

Anas Sarankan Presiden Untuk Sering Marah-marah

Pengadilan Malaysia Larang Pakai Kata 'Allah' Oleh Non-Muslim

Sudahkah Anda Memiliki Gambar Diri Yang Benar?

Sumber : Jpnn | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami