Meski Dilarang, Gereja-gereja di Borneo Tetap Pakai Kata 'Allah'

Meski Dilarang, Gereja-gereja di Borneo Tetap Pakai Kata 'Allah'

Lori Official Writer
3913

Meskipun larangan penggunaan kata ‘Allah’ bagi Non-Muslim telah diputuskan oleh Pengadilan Banding Malaysia, Senin (14/10), namun tidak dengan gereja-gereja di wilayah Borneo yakni Sabah dan Sarawak, Malaysia.

Presiden Dewan Gereja-gereja Sabah, Datuk Thomas Tsen mengatakan bahwa gereja-gereja di bagian Sabah dan Sarawak, Malaysia akan tetap menggunakan kata ‘Allah’ dalam pelayanan gereja, publikasi dan doa.

“Kami telah membersihkan hati dan pikiran kami dari keputusan apapun yang telah ditetapkan oleh pengadilan. Meskipun pengadilan memutuskan untuk melawan kami karena kata ‘Allah’ itu, kami akan siap,” ujar Tsen, seperti dilansir dari CNN, Selasa (15/10).

Senada dengan itu, Uskup Gereja Anglikan di Asia Tenggara Datuk Bolly Lapok memandang keputusan pengadilan atas larangan tersebut berlebihan dan diskriminatif terhadap kaum minoritas. “(Keputusan) Itu benar-benar tidak dapat diterima bahwa praktek umum selama ratusan tahun Gereja Sabah dan Sarawak, dan tentunya juga bagi generasi Kristen yang telah ada sebelum konsep dari Malaysia digagas, sekarang dilarang oleh hukum dan pemerintah administratif”.

Lapok mengatakan bahwa keputusan tersebut melanggar konstitusional Federal Malaysia yang memuat jaminan kebebasan beragama di Negeri jiran tersebut. Sayangnya, pelarangan yang awalnya ditujukan pada surat kabar Kristen Katolik ‘The Herald’ di Malaysia tersebut harus berdampak luas bagi seluruh Non-muslim di Malaysia.

Kasus pelarangan kata ‘Allah’ ini hanya terjadi di Malaysia, sementara negara lainnya tampak tidak mempersoalkan hal ini.


Baca Juga Artikel Lainnya:

180 Fest, Bangkitkan Kreatifitas Anak Muda Lewat Musik dan Seni

Gempa 7,2 SR di Filipina Tewaskan 93 Orang

Gereja dan Pemerintah Tolak Pemakaman Mantan Kapten Nazi di Roma

Pengadilan Malaysia Larang Pakai Kata 'Allah' Oleh Non-Muslim

Beternak Kambing Berpotensi Besar, Kenapa Tidak?

Sudahkah Anda Memiliki Gambar Diri Yang Benar?

Sumber : CNN | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami