Fakta Mengejutkan Tentang Bunuh Diri

Nasional / 15 October 2013

Kalangan Sendiri

Fakta Mengejutkan Tentang Bunuh Diri

Puji Astuti Official Writer
4157

Ada sekitar 350 juta orang di seluruh dunia yang mengalami depresi setiap harinya. Masalah dan tuntutan hidup yang bertambah membuat kecenderungan orang untuk bunuh diri pun meningkat. Menurut data dari The International Association for Suicide Prevention (IASP) setiap tahunnya terjadi hampir 1 juta kasus bunuh diri. Jika lebih dirinci berarti hampir setiap 40 detik terjadi satu kasus bunuh diri.

Berikut adalah fakta-fakta tentang bunuh diri yang cukup mengkhawatirkan:

1.    Bunuh diri adalah kasus yang paling banyak terjadi di kalangan anak-anak muda di dunia.

2.    Hampir satu juta orang meninggal karena bunuh diri setiap tahunnya.

3.    Korban bunuh diri jauh lebih banyak dari jumlah korban perang dan pembunuhan.

4.    Sebagian besar orang yang bunuh diri menderita penyakit mental.

5.    Perkiraan terbaru menunjukkan bahwa beban penyakit yang disebabkan oleh penyakit mental akan mencapai 25% dari total beban penyakit di dunia dalam dua dekade mendatang. Artinya penyakit mental menjadi masalah  kesehatan yang paling harus diperhatikan (lebih penting daripada kanker atau penyakit jantung).

Pemicu utama bunuh diri tentunya adalah masalah hidup. Sepanjang tahun 2012 yang lalu, Konseling Center CBN telah menampung berbagai masalah dan permohonan doa dari 209.337* orang. Keputusan mereka untuk menelepon atau mengirim SMS ke layanan konseling 24 jam ini merupakan keputusan yang tepat. Bayangkan jika mereka tidak menonton program TV CBN (Solusi, Solusi Life, Obat Malam, atau Dina Hiji Mangsa) dan mengurungkan niat untuk menghubungi Konseling Center CBN. Tentunya kemungkinan mereka melakukan hal-hal yang tidak diinginkan (seperti bunuh diri) semakin besar.

Mereka yang putus asa dan depresi butuh seseorang yang mendengarkan mereka. Bukan hanya memberi solusi atau jalan keluar, namun mau benar-benar mendengar dan berdoa untuk mereka. Mari pastikan layanan Konseling Center CBN bisa terus ada 24 jam setiap hari untuk mereka. Kami juga menyediakan layanan bebas pulsa untuk mereka yang berada di luar Jabodetabek. Anda bisa mendukung layanan ini dengan menjadi Mitra CBN. Apa itu Mitra CBN? Fasilitas apa yang diperoleh jika bergabung dan bagaimana cara mendaftar menjadi Mitra CBN? Semuanya dapat Anda temukan disini.

Mari bergabung, menyelamatkan lebih banyak lagi jiwa dari ancaman bunuh diri!


* Data Konseling Center CBN

Sumber : CBN Indonesia | Setyo Utami
Halaman :
1

Ikuti Kami