Daging Kambing Baik Untuk Jantung Loh, Percaya?
Sumber: newsatjama.jama.com

Gizi & Nutrisi / 15 October 2013

Kalangan Sendiri

Daging Kambing Baik Untuk Jantung Loh, Percaya?

Puji Astuti Official Writer
8830

Tahukah Anda bahwa daging kambing adalah daging paling banyak dikonsumsi di dunia, hampir 70% dari keseluruhan daging merah yang dikonsumsi secara global. Secara nutrisi, daging kambing bisa dikatakan ajaib. Satu porsi yang sama kalorinya hanya sepertiga dari daging sapi, seperempat lebih sedikit dari ayam.

Bahkan untuk kandungan lemaknya, menurut berita yang dirilis oleh Washington Post, daging kambing jauh lebih sedikit lemak, hingga dua pertiga dari daging babi dan domba bahkan setengah dari lemak daging ayam dalam porsi yang sama.

Bahaya untuk jantung?

Berdasarkan penelitian klinis oleh Harvard University yang dikutip oleh Astroawani.com, lemak jenus memang berkontribusi terhadap serangan jantung, sedangkan lemak tak jenuh dapat membantu meningkatkan kolesterol baik dan menstabilkan detak jantung yang akan memberikan manfaat bagi kesehatan.

Kabar baiknya, dengan lemak jenuh sebanyak 0,79 gram per porsi daging kambing bisa menjadi alternatif protein untuk diet jantung sehat. Sebab jika dibandingkan, daging sapi mengandung lemak jenuh 3 gram per porsi dan 1,7 gram pada daging ayam. Berdasarkan rekomendasi US Food and Drug Administration merekomendasikan setiap orang mengkonsumsi 20 gram lemak jenuh setiap harinya.

Kandungan Kolesterol

Untuk setiap 3 ounce daging kambing mengandung 63.8 miligram kolesterol, sedangkan daging babi mengandung 73.1 miligram kolesterol, bahkan ayam mengandung 76 miligram. Selain itu, daging kambing mengandung zat besi yang tinggi, yaitu menapai 3.2 miligram, sedangkan daging sapi hanya 2.9 miligram dan ayam dengan dua porsi lebih banyak hanya mengandung 1.5 miligram.

Jadi, apakah Anda masih menghindari daging kambing? Dengan fakta yang diungkap diatas, maka daging kambing bisa menjadi pilihan alternatif untuk sumber protein Anda, terlebih di hari Idul Adha seperti saat ini. Namun ingat ya, bagaimanapun sehatnya, jangan berlebihan. Apapun yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan.

Baca juga artikel lainnya :

Beternak Kambing Berpotensi Besar, Kenapa Tidak?

Ini Beberapa Cara Agar Daging Cepat Empuk

Ajaib, Kambing Jadi Pekerja di Kafe Tokyo

Raup Penghasilan Tambahan dengan Usaha Ternak Kambing

Kisah Sukses Pengusaha David Green : Dahulukan Tuhan Daripada Uang

Melayani Tuhan Dari Berbagai Penjuru Dunia

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami