Penemu 'Partikel Tuhan' Diganjar Hadiah Nobel

Nasional / 11 October 2013

Kalangan Sendiri

Penemu 'Partikel Tuhan' Diganjar Hadiah Nobel

Yenny Kartika Official Writer
4632

Dua orang fisikawan yang telah menemukan ‘partikel Tuhan’ dianugerahi hadiah Nobel dalam bidang Fisika tahun 2013.

‘Partikel Tuhan’ atau yang disebut juga partikel Higgs-Boson merupakan hasil penemuan Francois Englert dari Belgia dan Peter Higgs dari Inggris. Partikel ini diberi nama ‘partikel Tuhan’ karena diyakini berfungsi sebagai kunci yang dapat menjelaskan susunan materi dan asal-usul alam semesta.

“Saya sangat gembira menerima penghargaan ini dan berterimakasih kepada Royal Swedish Academy,” kata Higgs dalam pernyataan yang dirilis oleh University of Edinburgh, seperti dilansir CBN.com pada Rabu (9/10). “Saya harap pengakuan terhadap sains mendasar seperti ini dapat membantu meningkatkan kesadaran akan nilai penelitian yang sifatnya non-komersial.”

Tahun lalu, partikel Higgs-Boson ditemukan oleh para fisikawan di Lembaga Riset Nuklir Eropa atau CERN di Jenewa, Swiss. Partikel ini terdeteksi berkat sebuah alat detektor bernama ATLAS. Dalam simulasi yang ditunjukkan CERN kepada para jurnalis beberapa waktu lalu, ditunjukkan bagaimana partikel-partikel terkecil mengitari lingkaran hingga mencapai kecepatan cahaya. Semua partikel kemudian saling bertabrakan di Large Hadrons Collider, akselerator partikel terbesar di dunia. Partikel itu meledak dan menjadi partikel-partikel sangat kecil yang tak terhitung banyaknya, serta menghasilkan energi yang direkam oleh empat detektor raksasa.

Penemuan partikel Higgs-Boson telah memberikan pengetahuan baru tentang jagad raya di mana kita hidup. Karena begitu fundamental, penemuan ini diprediksi bakal mengubah ilmu fisika untuk seterusnya.

 

BACA JUGA:

Bumi Penuh dengan Pengenalan Akan Tuhan

Kisah Albert, Bertobat dari Ilmu Hitam dengan Kuasa Yesus

Penelitian Ungkap Nabi Adam Berasal dari Afrika

Pengendalian Diri Menentukan Kemakmuran Anda di Masa Depan

Minuman Beralkohol Bikin Kaum Pria Tak Paham Emosi

'Cari Kata Super Joy', Permainan yang Terbukti Edukatif

Puisi Maha Karya

Sumber : Deutsche Welle | CBN.com | Kompas | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami