Fakta Unik Seputar MRT
Sumber: merdeka.com

Nasional / 11 October 2013

Kalangan Sendiri

Fakta Unik Seputar MRT

Lois Official Writer
5372

Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) yang merupakan moda angkutan DKI Jakarta telah diresmikan kemarin, Kamis (10/10) oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo. MRT diharapkan mampu menekan macet dan menjadikan transportasi di Jakarta aman dan nyaman. Berikut ini beberapa fakta unik tentang MRT tersebut :

Impian Warga Jakarta selama 24 Tahun

“24 tahun warga Jakarta mimpi punya MRT, mungkin banyak mimpinya sudah hilang, belum mulai-mulai,” ujar Jokowi saat peletakan batu pertama. Untuk mewujudkan mimpi panjang inilah, Jokowi meletakkan batu pertama pembangunan MRT di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (10/10) kemarin. Setelah itu, masyarakat harus bersabar kembali karena MRT akan ditargetkan selesai pada 2018 mendatang.

1 Unit MRT Dapat Menampung 1200 Orang

Ketua DPRD DKI Jakarta Ferrial Sofyan mengklaim satu unis MRT dapat menampung penumpang hingga 1200 orang, jumlah tersebut setara dengan 200 unit mobil sejenis APV atau 30 bus Transjakarta. “Dengan satu MRT bisa mengurangi 200 mobil kecil atau 30 single bus Transjakarta,” katanya dalam peletakan batu pertama MRT di Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Kamis (10/10).

Rute Pertama MRT

Dengan panjang 16 km, MRT pertama akan menghubungkan Lebak Bulus dengan Bundaran Hotel Indonesia.

Hutang 40 Tahun

Pemprov menggelontorkan dana sebesar 15 miliar yen untuk pembangunan tahap awal, sedangkan jumlah total pembangunan MRT diperkirakan mencapai 140 miliar yen. Pemprov DKI pun harus meminjam sisanya dari Jepang sebagai negara pengembang MRT pertama di dunia. Pinjaman itu, menurut Ferrial Sofyan butuh 40 tahun untuk bisa mengembalikannya.

Pembangunan MRT ini tentu akan menambah kemacetan yang ada. Karena itu, Jokowi meminta agar dilakukan sosialisasi. Kita berharap bahwa dengan adanya MRT ini, kondisi lalu lintas di Jakarta bisa kondusif dan dapat menjadi jawaban bagi kemacetan parah yang terjadi.

 

Baca juga :

Mau Sukses? Larangan Utamanya Jangan Cinta Uang

Tips Mulai Dari Membeli Sampai Menyimpan Udang

Alkisah Tentang Tiga Pohon

Saat Sosial Media Jadi Masalah Dalam Rumah Tangga

Kulit Mulus Cerah Bersinar dengan Vegetarian

Tingkatkan Kualitas Sebagai Pemandu Wisatawan

Sumber : merdeka.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami