Tingkatkan Kualitas Sebagai Pemandu Wisatawan

Tingkatkan Kualitas Sebagai Pemandu Wisatawan

Lois Official Writer
5619

Kemampuan seorang pemandu wisatawan atau yang sering juga disebut tourist/tour guide, terletak pada kemampuannya bicara dan menarik minat para turis terhadap objek yang dikunjungi. Tentunya hal ini berhubungan dengan pengetahuan si pemandu tentang objek wisata tersebut. Saat ini di Indonesia ada beberapa tempat kuliah yang menyediakan pendidikan formalnya, namun ada juga pemandu yang berdasarkan pengalaman. Berikut ini beberapa tingkatan karir yang bisa digeluti saat menjadi pemandu wisata :

Pemandu Wisata Honorer / Paruh Waktu

Artinya, pekerjaan ini hanya jadi sampingan buat Anda. Anda dibayar hanya pada saat Anda bekerja di jam-jam Anda memandu kelompok wisatawan.

Pemandu Wisata Reguler

Di sini, Anda sudah digaji penuh waktu. Meskipun tidak setiap hari memandu, Anda tetap digaji seperti layaknya bekerja di kantoran. Biasanya, jika pemandunya baik dan enak diajak bicara, maka para wisatawan pun dapat memberikan tip yang lumayan.

Pemandu Wisata Senior

Kesenioritasan dihitung dari ‘jam terbang’ Anda memandu wisatawan, bukan dihitung berdasarkan usia Anda. Biasanya, Anda bisa memilih wisatawan yang mana yang akan Anda tangani ataupun Anda akan ditempatkan untuk wisatawan yang high class ataupun memandu untuk tempat wisata yang internasional.

Punya Travel Agent Sendiri

Tentu ini tingkatan yang paling tinggi. Meskipun kecil, Anda bisa membuka tempat pemandu wisata / travel agent sendiri. Hal ini tentu dikarenakan Anda sudah tahu tempat-tempat yang bagus untuk dikunjungi, berapa biaya yang harus dikeluarkan wisatawan, sejarah tempat tersebut, dan bertekad ingin mengubah masa depan.

Satu hal yang perlu disadari adalah saat menjadi tour guide, jangan hanya karena hal tersebut memang hobi Anda. Tapi galilah potensi yang ada di dalam diri Anda dan buat para wisatawan senang. Mereka tentu akan selalu ingat dengan Anda dan bisa ‘memasarkan’ Anda jika Anda memberikan yang terbaik buat mereka.

Sumber : nationalcareersservice.direct.gov.uk by lois horiyanti/jawaban.com

Ikuti Kami