Gelar Pesta Mewah, Wakil Lurah Dipecat
Sumber: Bbc.co.uk

Nasional / 9 October 2013

Kalangan Sendiri

Gelar Pesta Mewah, Wakil Lurah Dipecat

Lori Official Writer
3124

Seorang wakil lurah di desa China dipecat sebab menggelar pesta mewah pernikahan putranya selama tiga hari. Pesta tersebut dilaporkan memakan biaya sebesar 1.6 juta yuan atau sekitar Rp3 miliar.

Pesta yang digelar di pusat konvensi nasional China tersebut menyediakan mobil dan kapal mewah serta bintang hiburan bagi para undangan. Wakil lurah yang bernama Ma Linxiang ini dicurigai melakukan korupsi lantaran keraguan bahwa seorang pejabat desa dapat melakukan pesta besar.

Sementara Ma mengatakan bahwa keluarga pengantin perempuan juga turut membiayai sebagian besar pesta tersebut. Komisi disiplin Partai Komunis lokal distrik Chaoyang pun segera melakukan penyelidikan, tetapi tidak menemukan adanya bukti seputar penyelewengan dana publik. Namun Ma tetap dipersalahkan sebab melanggar peraturan dan merusak citra partai.

Namun dukungan dari sejumlah pengguna mikroblog Weibo, China, mengharuskan Ma dipecat dari jabatannya. Para pengguna media menulis, ‘pejabat korup harus dipecat dari jabatannya’, sedang lainnya menulis masih tetap curiga dengan dana besar yang dihabiskan untuk pesta.

Untuk diketahui, saat ini China terus mengawasi secara ketatp para pejabatnya termasuk dengan menyoroti gaya hidup pejabat. Sehingga pemimpin China terus memperingatkan para pejabat negaranya untuk tidak hidup berlebihan, sebab akan mengundang kecurigaan dari publik.

Tindakan pengawasan terhada para pejabat negara menjadi langkah konkret demi pemberantasan korupsi dan praktek suap. Tindakan ini tentunya berguna untuk menumbuhkan efek jera bagi para pejabat.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Taliban Targetkan Kembali Serang Malala Yousafzai

Filosofi yang Terkandung Dalam Permen Ala Jokowi

Ahok Masuk Survei Cawapres 2014, Namanya Meroket

Penerbit Wilberforce Bantu Umat Kristen Hadapi Tantangan Dunia Sekuler

Mengajar Anak Berkata Cukup

Sumber : BBC Indonesia | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami