8 Efek Negatif Mengonsumsi Minuman Beralkohol Secara Berlebihan

8 Efek Negatif Mengonsumsi Minuman Beralkohol Secara Berlebihan

Budhi Marpaung Official Writer
113019

Keberadaan minuman beralkohol di tengah-tengah masyarakat masih menuai pro dan kontra. Ada yang mendukung, tetapi tidak sedikit pula juga yang menolak.

Terlepas persoalan hal ini, harus diakui memang minuman seperti wine, whisky, bir memiliki efek positif dan negatif bagi orang yang mengonsumsinya. Dikatakan membawa dampak positif karena dalam takaran (dosis) yang sesuai, kandungan di dalam minuman alkohol tersebut mampu mengatasi sejumlah masalah kesehatan seperti mengurangi resiko terjadinya kanker prostat, mencegah kolesterol, dan mengurangi risiko diabetes dan batu ginjal.

Sementara dikatakan membawa dampak negatif, apabila orang mengonsumsinya secara berlebihan. Jika sudah begini maka hal-hal yang tidak diinginkan akan dialami oleh si peminum.

Berikut 8 efek negatif mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan :

1. Gangguan Mental Organik (GMO)

Gangguan ini akan mengakibatkan perubahan perilaku, seperti bertindak kasar, gampang marah sehingga memiliki masalah dalam lingkungan sekitar. Perubahan fisiologi seperti mata juling, muka merah dan jalan sempoyongan. Perubahan psikologi seperti susah konsentrasi, sering ngelantur dan gampang tersinggung.

2. Merusak Daya Ingat

Kecanduan minuman keras dapat nghambat perkembangan memori dan sel-sel otak.

3. Oedema Otak

Pembengkakan dan terbendunganya darah di jaringan otak. Sehingga mengakibatkan gangguan koordinasi dalam otak secara normal.

4. Sirosis Hati

Peradangan sel hati secara luas dan kematian sel dalam hati akibat terlalu banyak minum minuman keras.

5. Gangguan Jantung

Terlalu banyak minum minuman keras dapat membuat kerja jantung tidak berfungsi dengan baik.

6. Gastrinitis

Radang atau luka pada lambung. Ini biasanya diakibatkan gara2 muntah akibat mninuman keras, karena lambung harus memompa secara paksa keluar zat-zat adiktif yang beracun dalam tubuh.

7. Paranoid

Karena kecanduan, kadang2 peminum sering seperti merasa kepala dipukuli atau tidak tenang. Sehingga perilakunya menjadi lebih kasar terhadap orang di sekelilingnya.

8. Keracunan / Mabuk

Terlalu banyak minum minuman keras dapat menghilangkan kesadaran dirinya alias sudah naik alias nge-fly, biasanya ini yang dibilang "enak" dari minuman keras. Padahal, itu jelas-jelas tanda seseorang sedang mengalami keracunan.

Melihat segala akibat yang mungkin terjadi, membatasi mengonsumsi minuman beralkohol merupakan langkah bijak yang patut diambil sejak dini.


Baca juga :

Cristiano Ronaldo Kampanye Anti Narkoba dan Alkohol

Melayani Tuhan Dari Berbagai Penjuru Dunia

Label Dari Tindakan Kita

Thread Forum JC : Dokumentasi Aksi Sosial (JCers Goes to Panti Rehab YBMI)

Kisah Nyata Suami-Istri yang Terjerat Narkoba

Sumber : www.herijaya.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami