Timnas Indonesia Hadapi China Tanpa Penonton

Nasional / 8 October 2013

Kalangan Sendiri

Timnas Indonesia Hadapi China Tanpa Penonton

daniel.tanamal Official Writer
3315

Perjuangan Timnas Indonesia dalam menghadapi lanjutan kualifikasi Piala Asia 2015 bertambah berat setelah Federasi Sepakbola Asia (AFC) menjatuhkan sanksi larangan tampil dengan penonton dalam laga menghadapi China di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, pada 15 Oktober dan denda sekitar Rp200 juta.

Sanksi tersebut dijatuhkan akibat  AFC menganggap suporter Indonesia kerap melanggar peraturan, seperti melempari suporter lain, dan menyalakan kembang api saat laga berlangsung. “Komisi Disiplin AFC memutuskan Indonesia wajib menggelar laga tanpa penonton, tapi tidak di pertandingan timnas kelompok umur,” ujar Sekjen PSSI Joko Driyono.

Sanksi ini tentu merugikan bagi Timnas yang membutuhkan dukungan publik saat menghadapi China, untuk melecut semangat juang mereka di tengah lapangan. Saat ini Indonesia menjadi juru kunci Grup C di bawah Arab Saudi, China dan Irak. Dua kali tanding Merah-Putih selalu kalah. Dari Irak (0-1) dan Arab Saudi (1-2).  

“Tentu sanksi ini sangat berat, tapi kita harus mengambil pelajaran dari sanksi ini untuk pengelolaan pertandingan lebih baik. Kami cinta suporter. Terima kasih atas dukungannya, tetapi memang ada berapa regulasi yang harus ditaati. Mudah-mudahan ini terakhir. Ke depan Indonesia bisa selalu bertanding dengan dukungan suporter,” tutup Joko.  

Sanksi telah dijatuhkan dan Indonesia harus belajar banyak dari kenyataan pahit ini. Pihak PSSI dan panitia pertandingan wajib teliti dan disiplin dalam membersihakn penonton dari benda atau alat yang dapat digunakan untuk mengganggu pertandingan. Selain itu suporter Indonesia juga wajib sadar bahwa tindakan-tindakan yang mengganggu pertandingan hanya akan memvuat rugi Timnas sendiri.

 

Baca Juga Artikel Lain :

Cristiano Ronaldo Minta Kepolisian Bebaskan Fansnya

Casillas : Ingin Sukses? Berhenti Mengeluh!

Galliani Minta Wasit Untuk Lebih Lindungi Balotelli

Legenda Brasil Sebut Messi Mengidap Autisme

Rasialisme Penyebab Boateng Pindah Ke Schalke 04

 

Sumber : Okezone Sports
Halaman :
1

Ikuti Kami