Pemimpin Agama Terbunuh, Gereja Dibakar

Pemimpin Agama Terbunuh, Gereja Dibakar

daniel.tanamal Official Writer
3130

Hanya dua minggu setelah serangan terorisme mematikan di sebuah pusat perbelanjaan di Nairobi, kini Kenya mengalami kembali situasi genting ketika sekelompok massa bentrok dengan kepolisian. Hasilnya tiga tewas, tujuh terluka dan sebuah gereja dibakar.

Kelompok massa tersebut diidentifikasi adalah kelompok yang marah akibat seorang pemimpin agama bernama Ibrahim Rogo Omar dan tiga orang anggotan lainnya ditembak mati di Mombasa seusai mereka pulang dari ibadah. Massa menduga kepolisian membunuh Ibrahim Rogo karena didirnya diduga terkait dengan kelompok teroris Al Shabab, kelompok yang melakukan teror di Nairobi.

Kelompok inipun melampiaskan kemarahannya dengan bentrokan menghadapi polisi. Bahkan massa juga membakar Gereja Bala Keselamatan di distrik Majengo. Polisi pun segera melepaskan tembakan peringatan untuk membubarkan massa yang mulai bertindak anarkis.

Ulama Abubakar Shariff Ahmed mengatakan bahwa kepolisian ada dibalik pembunuhan Ibrahim Rogo. “Mereka (kepolisian) harus memberitahu kami kebenaran mengenai Westgate (aksi teroris di Mall Nairobi), bukannya membunuh para Muslim yang tak berdosa. Sheikh (Ibrahim Rogo) tidak berada di Westgate dan tidak ada hubungannya. Lalu mengapa mereka membunuhnya?” ungkap Ahmed.

Kepolisian di Mombasa pun membantah jika pihaknya melakukan pembunuhan terhadap Ibrahim Roho. “Polisi tidak ada hubungannya dengan penembakan itu. Itu bukan cara kerja kami untuk beroperasi,” kata komandan polisi Mombasa County Robert Kitur.

Banyak pihak yang berkepentingan akan melakukan adu domba diantara umat beragama. Karena isu agama menjadi isu yang mudah untuk dijadikan pemicu perpecahan. Disinilah pemerintah dan pemuka agama berfungsi untuk menengahinya.

 

 

 

Baca Juga Artikel Lain

Berita Foto: Penggembokan Gereja Santa Bernadette di Tangerang

Berita Foto: Ibadah Di Seberang Istana Merdeka Jakarta Minggu (29/9)

SBY Lakukan Penghalangan Terhadap Keadilan

Teroris Kenya Bunuh Sandera Yang Tak Mampu Baca Al-Quran

Polisi Syariah Aceh Tangkap Pendeta GMII

Gus Solah Kritisi Penggembokan Gereja di Tangerang

Victor Silaen: Perjuangan GKI Yasmin Dapat Dijadikan Contoh

Yenni Wahid : Militansi Beragama Tidak Masalah Dipertahankan



 

Sumber : Reuters | AFP | BBC
Halaman :
1

Ikuti Kami