Tips Mulai Dari Membeli Sampai Menyimpan Udang
Sumber: google.com

Entertainment / 7 October 2013

Kalangan Sendiri

Tips Mulai Dari Membeli Sampai Menyimpan Udang

Lois Official Writer
46809

Belajar memilih udang yang masih segar saat di tempat penjualan adalah langkah awal untuk mendapatkan makanan udang yang sehat dan segar. Tentu ada beberapa hal yang perlu kita ketahui apa yang perlu diperhatikan agar udang yang kita pilih masih segar. Selain itu, udang bisa diolah ataupun disimpan. Ini hal-hal yang perlu diperhatikan :

Cara Memilih Udang

Seperti semua makanan laut, udang seharusnya memiliki aroma dan bau laut, yaitu asin dan manis, seperti yang terdapat pada rumput laut. Jangan membeli udang yang sudah berbau amis karena itu menandakan udang tidak segar lagi. Jangan juga membeli udang dengan bau amonia. Jauh lebih baik jika kita membeli udang yang utuh, udang yang masih punya kepala. Warna kulit udang yang baik belum memerah hingga udang tersebut dimasak. Masih terasa keras pada saat disentuh

Cara Memasak Udang

Sebelum udang dimasak, ada baiknya buang dulu cangkang dan kakinya, sisakan ekornya jika diinginkan. Untuk selanjutnya, sayat bagian punggung udang dan ambil tali hitam yang ada di punggung tersebut. Selain memperindah penampilan, hal ini juga diperlukan untuk menghindari keracunan. Hindari memasak udang di atas api terlalu lama karena daging udang sangat lembut, jadi gunakanlah api besar. Agar udang tampak cantik kemerahan saat disajikan, masukkan setetes cuka ke dalam air rebusannya.

Cara Menyimpan Udang

Udang yang telah dimasak dapat disimpan pada plastik yang tertutup rapat dan diletakkan di bagian yang paling dingin di kulkas yaitu freezer. Disimpan paling lama selama 2 bulan.

Udang mentah dapat dibekukan dengan kulit atau dikupas, tapi kepalanya harus dibuang. Udang mentah beku ini dapat disimpan selama enam bulan di freezer. Jika ingin digunakan, bisa langsung dimasukkan ke dalam masakan berkuah atau dipanggang. Jadi sebaiknya udang sudah dibersihkan terlebih dahulu sebelum disimpan.

Bagaimana jika sedikit berbau?

Anda dapat menghilangkan bau tersebut dengan melumurinya baking soda atau air jeruk dan biarkan sekitar 10 menit di kulkas lalu cuci hingga bersih. Jangan lakukan ini bila udang sudah berbau menyengat.

Itulah beberapa cara yang dapat dipakai untuk mencari dan menyimpan udang yang Anda beli. Tentu memilih dengan benar dan mengolahnya dengan tepat akan menghasilkan makanan udang yang dapat menggugah selera makan kita. Selamat mencoba.

 

Baca juga :

Ini Rahasianya Buat Nasi Pulen Tidak Cepat Basi dan Menguning

Arti Menghargai Pengorbanan Orang Lain

Mukjizat yang Kreatif Terjadi Saat Orangtua Dihormati

Pengorbanan yang Mampu Membuat Cinta Bertahan

3 Bahan Alami Ini Mampu Atasi Ketombe

Ternyata Ada Tingkatan Karir Juga Lho Untuk Pendeta

Thread Forum JC : Aksi Solidaritas (JCers Goes To Panti Rehab YBMI)

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami