Kronologi Penangkapan Akil Mochtar
Sumber: antara news

Nasional / 4 October 2013

Kalangan Sendiri

Kronologi Penangkapan Akil Mochtar

Lois Official Writer
2825

Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Mochtar ditangkap di kediamannya di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (2/10) malam. Menurut juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi SP, penangkapan pertama dilakukan terhadap tiga orang. “Tiga orang itu adalah AM, anggota DPR dengan inisial CHN (Charirun Nisa) dan seorang pengusaha berinisial CN,” ungkap Johan di kantor KPK, Jakarta, Kamis (3/10).

Pihak KPK sudah membuntuti Akil sejak lama, namun baru malam itu dilakukan penangkapan. Dalam rumah tersebut, diduga terjadi serah terima sejumlah uang dalam bentuk dollar Singapura yang jumlahnya ditaksir sekitar Rp 2-3 miliar. Hal itu terkait sengketa pilkada di Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah.

Selanjutnya, tim penyelidik melakukan operasi berikutnya untuk menangkap tangan dua orang di sebuah hotel di kawasan Jakarta Pusat. Dua orang itu berinisial HB (Hambit Bintih) yaitu Bupati Gunung Mas dan seseorang berinisial DH (Dhani), jelas Johan lagi.

Pilkada di Gunung Mas memang bermasalah sehingga diajukan ke MK. Ditemukan ada kertas suara dengan lubang menganga sehingga dianggap tidak wajar dan diduga disengaja. Perkara tersebut memang tengah disidangkan di MK, walaupun Hambit telah ditetapkan sebagai Bupati Gunung Mas incumbent.

“Saat ini posisi kelima orang itu masih dalam status terperiksa. Penyidik punya waktu 1x24 (jam) untuk memutuskan apakah ada tindak korupsi,” ujar Johan. Penyidik KPK sendiri sudah menyegel mobil RI 9 yang jadi hak Akil sebagai Ketua MK. Segel yang sama juga dipasang di pintu ruang kerja Akil di Gedung Mahkamah Konstitusi. Saat ditangkap Akil kaget, dia menyesal bahkan menangis.

Berbicara mengenai integritas, berarti berbicara tentang apa yang diucapkan sama dengan yang dilakukan. Namun, sungguhlah rusak nama seseorang yang tidak lagi berintegritas dengan pekerjaannya ataupun hidupnya sehingga menjadi batu sandungan. Namanya akan dikenang buruk, karena itu mari kita berintegritas dan melakukan apa yang benar, untuk perkara kecil sekalipun.

 

Baca juga :

Ini Rahasianya Buat Nasi Pulen Tidak Cepat Basi dan Menguning

Arti Menghargai Pengorbanan Orang Lain

Mukjizat yang Kreatif Terjadi Saat Orangtua Dihormati

Pengorbanan yang Mampu Membuat Cinta Bertahan

3 Bahan Alami Ini Mampu Atasi Ketombe

Ternyata Ada Tingkatan Karir Juga Lho Untuk Pendeta

Thread Forum JC : Aksi Solidaritas (JCers Goes To Panti Rehab YBMI)

Sumber : beritasatu.com-liputan6.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami