Selamat Hari Vegetarian Sedunia!

Info Sehat / 3 October 2013

Kalangan Sendiri

Selamat Hari Vegetarian Sedunia!

Yenny Kartika Official Writer
8581

Hari Vegetarian Sedunia (World Vegetarian Day) pertama kali diprakarsai oleh North America Vegetarian Society pada tahun 1977. Setahun kemudian, peringatan ini diambil alih oleh International Vegetarian Union. Mereka mendeklarasikan Hari Vegetarian Sedunia sebagai “perayaan tahunan untuk mempromosikan sukacita, kasih sayang, dan peningkatan kualitas kehidupan dari pola hidup vegetarian”. Hari Vegetarian Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Oktober.

Seperti dikutip dari situs resmi www.worldvegetarianday.org, pola makan vegetarian dipercaya dapat meningkatkan kualitas kesehatan, menyelamatkan nyawa hewan, dan membantu melestarikan planet bumi.

Hari Vegetarian Sedunia yang jatuh di awal bulan juga menjadi titik awal bulan kewaspadaan vegetarian atau Vegetarian Awareness Month, yang terjadi di sepajang bulan Oktober. Biasanya, bulan ini menjadi kesempatan bagi siapapun yang tertantang menjadi vegetarian.

Sebelum Anda memutuskan untuk terjun dalam pola hidup ini, ada baiknya untuk menyimak 3 jenis vegetarian yang paling umum:

Pescatarian

Jenis ini merupakan yang termudah dalam menjalani vegetarianisme. Pescatarian melarang seluruh jenis daging dalam daftar menu, kecuali ikan. Orang-orang yang menjadi pescatarian umumnya melihat perlunya ikan bagi nutrisi karena mengandung Omega-3 dan vitamin B12, yang berfungsi mengurangi penyakit jantung dan bermacam-macam kanker. Pescatarian sering disebut sebagai peralihan antara omnivore dan vegetarian sesungguhnya.

Lacta-ovo dan Lacto vegetarian

Kedua jenis ini sama-sama boleh mengonsumsi produk olahan susu. Bedanya, lacto-ovo vegetarian boleh makan telur, sementara lacto vegetarian tidak.

Vegan

Ini jenis vegetarian yang paling ketat. Vegan tidak memakai daging atau produk hewan lainnya saat memasak. Vegetarian terfokus pada makanan saja, sementara vegan mencakup pola hidup secara lebih luas seperti tidak memakai kosmetik yang mengandung bahan dari hewan, serta menghindari penggunaan pakaian yang berasal dari kulit hewan.

 

BACA JUGA:

Tetap Sehat dengan Pola Makan Vegetarian

Resolusi Tahun 2013, Ne-Yo Jadi Vegetarian

Atasi Gatal di Kulit Kepala dengan Cara Ini

Dengan Kedelai, Wanita Menopause Bisa Tetap Ramping

Usia Lanjut dan Nafas Tak Sedap, Apakah Berkaitan?

Vania Larissa: Megan Layak Jadi Juara Miss World

Tipuan Si Ular Disaksikan Ratusan Ribu Anak dan Remaja!

Sumber : TheDailyOrange | TreeHugger | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami