Setelah Tutup, Pemerintahan Obama Kini Terancam Bankrut
Sumber: Merdeka.com

Nasional / 2 October 2013

Kalangan Sendiri

Setelah Tutup, Pemerintahan Obama Kini Terancam Bankrut

Puji Astuti Official Writer
4561

Akibat tidak disetujuinya anggaran belanja negara, pemerintahan Amerika Serikat yang dipimpin oleh Barack Obama ditutup sejak Selasa (1/10) lalu. Namun krisis yang dialami negeri Paman Sam tidak hanya sampai disitu, kini negara itu terancam kebangkrutan karena kas negara semakin menipis.

Kondisi ini disampaikan oleh Menteri Keuangan AS Jacob Lew, ia mengungkapkan bahwa pemerintahan Obama perlu kenaikan hutang baru jika tidak ingin pemerintahan mengalami kebankrutan. Batas akhirnya adalah pada 17 Oktober 2013 nanti, jika hingga hari itu kenaikan batas hutang tidak disepakati oleh kongkres maka negara adidaya itu bisa mengalami goncangan ekonomi.

"Hingga 17 Oktober, setelah itu maka kami harus menjalankan komitmen pemerintah hanya dengan anggaran 30 miliar dollar AS. Jumlah anggaran ini terlalu sedikit untuk pengeluaran saat itu yang sedikitnya membutuhkan 60 miliar dollar AS," demikian terang Lew, pada Selasa (1/10) lalu.

Setiap bulannya, pemerintahan Amerika mengalami defisit hingga 60 miliar dolar, dan peningkatan batas hutang adalah cara untuk menutupi defisit tersebut. Sebelumnya Kementerian Keuangan juga telah melakukan berbagai langkah-langkah khusus penghematan namun masih belum bisa mengatasi defisit yang terjadi.

Baca juga artikel lainnya :

Pemerintah AS 'Tutup', Pegawai Dilarang Buka Email

Pemerintahan Obama Tutup, 800.000 Pegawai Dirumahkan

Obama Nilai Partai Republik Lakukan Perang Salib

Kas Negara Amerika Serikat Semakin Tipis

Presiden Obama Akan Datang Lagi ke Indonesia

Yuk, kunjungi Superbookindo.tv dan mainkan berbagai game seru!

Share Kesaksianmu dan Dapatkan Hadiah Seru!

Sumber : Kompas.com | Tempo.co | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami