Pemerintahan Obama Tutup, 800.000 Pegawai Dirumahkan
Sumber: (REUTERS/Pete Souza/The White House/Hand

Nasional / 1 October 2013

Kalangan Sendiri

Pemerintahan Obama Tutup, 800.000 Pegawai Dirumahkan

Puji Astuti Official Writer
5253

Kepemimpinan Presiden Barack Obama menghadapi masalah serius kali ini, sejak pukul 00.01 dini hari waktu setempat pemerintahannya ditutup karena anggaran yang diajukan ke parlemen tidak disetujui.

Partai Republik dan Demokrat tidak menemukan kesepakatan setelah selama seminggu memperdebatkan masalah anggaran untuk Obamacare, sebuah sistem kesehatan yang diajukan Obama. Akibatnya anggaran untuk pemerintahan tidak bisa disetujui dan tidak bisa dicairkan sehingga pemerintah tidak memiliki dana operasional.

Akibatnya sekitar 800.000 karyawan pemerintah yang menduduki posisi yang tidak dianggap penting dirumahkan. Namun untuk mereka yang bekerja di militer dan Departemen Pertahanan Amerika dipastikan akan tetap bekerja dan menerima gaji mereka.

"Bagi Anda yang memakai seragam, Anda akan tetap bertugas seperti biasanya," demikian pernyataan resmi Obama, Selasa pagi. "Kongres telah berlalu, dan saya telah menandatangani undang-undang, sebuah aturan untuk memastikan Anda mendapatkan gaji pada waktunya. Dan kami akan terus bekerja untuk mengatasi dampak dari penutupan ini terhadap Anda dan keluarga Anda."

Obama juga meminta pengertian kepada para pegawai negeri sipil yang dirumahkan, ia berjanji akan bekerja keras melobi anggota kongres agar segera bisa membuka anggaran untuk pemerintahannya sehingga mereka yang dirumahkan bisa bekerja kembali.

Pro-kontra tentang Obamacare telah lama terjadi, namun Obama dan juga partai Demokrat sepertinya tidak memprediksi dampaknya sebesar saat ini. Semoga saja dengan negosiasi yang baik dan memprioritaskan kepentingan masyarakat banyak, pemerintahan dan senat Amerika bisa membuat kesepakatan. Karena bagaimanapun, jika negara adidaya ini terguncang akan berdampak secara global.

Baca juga artikel lainnya :

Kas Negara Amerika Serikat Semakin Tipis

Presiden Obama Akan Datang Lagi ke Indonesia

Akhirnya Setelah Tiga Dekade, Presiden AS Dan Iran Saling Komunikasi

Belajar Tips Keuangan dari Mazmur 49

Tetap Sehat Dengan Pola Makan Vegetarian

Share Kesaksianmu dan Dapatkan Hadiah Seru!

Sumber : CNN | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami