Solusi Sehat Pasca Menderita Tifus

Solusi Sehat Pasca Menderita Tifus

Budhi Marpaung Official Writer
29120

Berdasarkan data World Health Organization (WHO), Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki penderita tifus terbanyak di dunia. Fakta ini perlu dicermati bersama karena apabila pencegahan maupun penanganan penyakit yang menyerang bagian perut ini tidak serius dilakukan maka hasilnya menjadi fatal bagi orang yang mengalaminya.

Terkait persoalan penanganan, hal yang cukup penting untuk disikapi dari sana adalah bagaimana cara menangani seseorang pasca sakit tifus khususnya yang berkenaan gangguan pencernaan.

Mau tidak mau, cara paling efektif mengatasi gangguan pencernaan yang dimaksud diatas adalah dengan memperhatikan konsumsi makanan sehari-hari.

Berikut beberapa solusi sehat bagi Anda yang pernah menderita tifus:

1. Konsumsi asupan yang mengandung jumlah kalori tinggi. Tubuh memiliki cukup energi untuk melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan sehingga makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh pun harus yang berkalori tinggi.

2. Makananlah sayur dan buah yang tidak mengandung serat kasar. Sayur dan buah yang berserat kasar sulit dicerna sehingga itu akan melukai usus dan memperberat proses peradangan yang ada. Contoh buah dan sayur dengan kandungan selulosa rendah seperti pisang, sari buah, nasi, kentang, dan lain sebagainya.

3. Usahakan untuk mulai mengonsumsi makanan secara bertahap yakni dari bentuk lunak seperti bubur sumsum, bubur, bubur kasar, nasi tim, dan nasi biasa.

4. Makanlah dalam porsi kecil dan sering.

5. Jangan lupa konsumsi cairan sebanyak 6-8 gelas/hari yang bisa bersumber dari sari buah, sari sayur, dan lain-lain.

6. Hindari makanan yang meningkatkan keluhan saluran cerna yang sudah ada, seperti sayuran yang dapat menghasilkan gas (kembang kol, kol, ubi, labu, dll), yang asam (tomat, belimbing sayur, buah yang asam, dll), pedas (cabai, paprika, cuka, dll), tinggi kafein (teh, cokelat, kopi, soft drink, soda, dll).

7. Jika keluhan masih dialami, silakan menghubungi kembali dokter yang merawat agar dapat dilakukan pemeriksaan ulang dan memberikan masukan tentang apa yang Anda konsumsi.

Supaya tidak jatuh sakit tifus lagi maka menjaga diri dengan baik adalah jawabannya. Ketidakpedulian terhadap apa yang seharusnya dilakukan akan membuat Anda berpotensi kembali menderita sakit itu lebih parah lagi.

Baca juga : 

Kisah Nyata Suami yang Senang Menyakiti Hati Istrinya

Forum JC : Ide Untuk Pertemuan JCers Berikutnya

Alasan Menaati Allah   

Move, Album Third Day yang Benar-Benar Nge-Blues

Lift Up Your Face  

3 Tips Hadapi Putus Cinta Secara Kristiani

Panggilan Darurat

Sumber : solusisehat.org / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami