Ciri Anak Yang Terkena Bullying

Psikologi / 28 September 2013

Kalangan Sendiri

Ciri Anak Yang Terkena Bullying

daniel.tanamal Official Writer
7293

Saat ini perilaku bullying atau penindasan terhadap anak-anak begitu meningkat. Perlakuan ini dapat mereka alami di lingkungan sekolah ataupun di rumah. Sayangnya, anak kerap segan membicarakannya. Hal ini sangat berbahaya, karena menurut riset University of Warwick dan Duke University Medical Centre, Amerika Serikat, anak yang terkena bullying 6 kali lebih berisiko terkena penyakit serius saat dewasa.

Riset para ahli dari University of Padua, Italia, menunjukkan, anak yang terkena  memiliki gejala psikosomatis yang khas. Gejala ini meliputi sakit perut, pusing, sulit bernapas, demam, dan sakit punggung. Kesimpulan ini didapat setelah mempelajari 30 riset yang mencakup 220 ribu anak dari 14 negara. Hasil riset ini menjadi kabar baik bagi orangtua dan guru, yang kerap tidak tahu anaknya tengah di-bully.

Selain dari fisik, tanda anak yang sedang mengalami bullying juga bisa dilihat dari tingkah lakunya. Peneliti Marlene Snyder dari Clemson University, South Carolina, mengatakan, gejala fisik yang dirasakan korban bullying segera hilang saat dikatakan anak tidak perlu pergi sekolah.

Synder mengatakan, tanda ini juga bisa dilihat dari tingkah laku anak lainnya, yaitu takut pada pesan SMS yang masuk, atau tersugesti lawan yang kerap mem-bully sedang duduk bersama saat makan siang.

Bila tanda fisik dan tingkah laku ini diketahui, sebaiknya orangtua segera berbicara dengan anak. Bila perlu, orangtua dapat menghubungi guru di sekolah untuk mengetahui, benarkah anak menjadi korban bullying.

 

 


Sumber : kompas health
Halaman :
1

Ikuti Kami