Ternyata Ada Tingkatan Karir Juga Lho Untuk Pendeta

Ternyata Ada Tingkatan Karir Juga Lho Untuk Pendeta

Lois Official Writer
67042

Di dalam dunia kerohanian, ternyata ada juga tingkatan karir yang terjadi. Hal ini berlaku khususnya untuk mereka yang ingin menjadi pendeta. Ada tiga tingkatan utama yaitu Pdp., Pdm., dan Pdt. Apa saja perbedaan dari ketiga tingkatan ini? Jawaban.com mengulasnya kali ini agar kita lebih mengenal tentang hal ini, inilah perbedaan ketiganya :

Pendeta Pembantu (Pdp.)

Disebut pendeta pembantu karena memang tugas utamanya adalah membantu pendeta di tingkatan selanjutnya, baik pendeta muda (pdm.) ataupun pendeta  (pdt.) bahkan senior pendeta.

-         Menggantikan tugas pendeta yang sedang tugas keluar

-         Pdp. diperbolehkan untuk berkhotbah

-         Belum bisa menggembalakan jemaat kecuali untuk gereja perintisan (gereja yang baru akan didirikan)

-         Pdp. akan naik ke tingkat Pdm. terlebih dahulu sebelum mencapai tingkat pdt. Namun berapa lama waktu yang diperlukan untuk naik, hal ini sangat bergantung pada tiap gereja

-         Kenaikan tingkat pdp. ke pdm. ditentukan oleh para pendeta di gereja tersebut. Jika hanya terdapat satu pendeta, maka dialah yang akan menentukan hal tersebut melalui kinerja kerjanya.

-         Mengenai pendidikan, seorang pendeta pembantu tidak harus sekolah teologia, namun hal ini tergantung pada kebijakan gereja tersebut.

-         Namun, tiap gereja belum tentu punya seorang pdp.

Pendeta Muda (Pdm.)

Sebutan pendeta muda, bukan dikarenakan usianya yang masih muda namun jabatannya di gereja tersebut berarti satu tingkat di bawah pendeta. Meskipun begitu, tugasnya hampir serupa dengan pendeta. Berikut penjelasannya :

-         Pdm. bisa menggembalakan jemaat

-         Pdm. juga tidak harus sekolah teologia namun hal ini sangat tergantung pada kebijakan masing-masing gereja.

-         Perbedaan utama pdm. dengan pdt. adalah tugas pdm. ditentukan oleh pdt. yang berada di atasnya.

-         Mereka juga akan diangkat menjadi pdt. dimana sangat bergantung pada kinerja kerjanya. Hal ini tidak dapat ditentukan berapa lama waktunya.

Pendeta (Pdt.)

Tiap gereja berbeda-beda. Ada yang punya satu pendeta tapi ada yang punya banyak pendeta. Bagi gereja yang pendetanya banyak, tentu ada seorang pendeta yang memimpin yang biasanya disebut senior pendeta. Berikut penjelasannya :

-         Pendeta menentukan sendiri apa yang menjadi tugas-tugasnya

-         Dia jugalah yang menentukan tugas-tugas pendeta muda ataupun pendeta pembantu

-         Besarnya upah yang diterima pendeta ditentukan oleh majelis/diaken/sintua dan sinode (gereja) menurut kemampuan gereja tersebut.

-         Anggaran yang dikeluarkan juga ditentukan oleh sinode

Fasilitas yang diberikan kepada tingkatan dalam gereja ini sangat bergantung pada tiap-tiap gereja. Begitu pula dengan pendidikan resmi mereka. Ada gereja yang mengharuskan mereka lulus sekolah teologia, namun tidak semua orang yang lulus sekolah teologia disebut pendeta. Setelah lebih mengenal tentang jabatan dalam gereja ini, tentu kita lebih mengerti bahwa gereja pun punya tingkatan karir. Apakah Anda ingin berkarir di gereja? Pilihan ada di tangan Tuhan yang sudah menaruh talenta Anda untuk dikembangkan baik di gereja ataupun di pekerjaan sekuler.a

Sumber : jawaban.com by lois horiyanti
Halaman :
1

Ikuti Kami