100 Maknyus! Makanan Tradisional Indonesia

Book / 23 September 2013

Kalangan Sendiri

100 Maknyus! Makanan Tradisional Indonesia

Yenny Kartika Official Writer
4697

Sebagai bukti kecintaannya terhadap keunikan makanan asli di Indonesia, Bondan Winarno melakukan riset dan menuangkan hasilnya dalam buku terbaru bertajuk “100 Maknyus! Makanan Tradisional Indonesia”.

Pak Bondan, demikian pakar kuliner sekaligus wartawan itu biasa dipanggil, yakin bahwa kuliner Indonesia itu tidak pernah ada. Yang ada adalah makanan tradisional dari berbagai daerah dan kemudian dipersatukan dalam kebinekaan Indonesia. Kekayaan kuliner Nusantara sangat tidak terkira banyaknya, sehingga Pak Bondan harus dengan sukarela menyisihkan sejumlah makanan dari daftar ‘100 Maknyus’ ini.

Rekomendasi 100 makanan tradisional maknyus ini murni merupakan penilaian pribadi seorang Bondan Winarno. Bondan menyusun daftar makanan dari 23 propinsi di Indonesia, termasuk Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat, Gorontalo, Banten, dan lain-lain.

Pak Bondan mengaku, proses pengerjaan buku ini berlangsung selama 30 tahun.

Masing-masing kuliner dalam buku ini disajikan dalam deskripsi, foto berwarna, resep, dan alamat rumah makan favorit Pak Bondan yang menyediakan menu tersebut.

Untuk siapapun yang serius dengan makanan lokal di negara kita, buku ini merupakan referensi yang cukup lengkap dan membuka wawasan seputar kuliner Tanah Air, bahkan terhadap makanan-makanan yang kita pikir asing atau ‘langka’.

 

Judul Buku: 100 Maknyus! Makanan Tradisional Indonesia

Penulis: Bondan Winarno

Penerbit: Penerbit Buku Kompas

Terbit: September 2013

Jumlah Halaman: xviii + 550 hlm

Ukuran: 13 cm x 21 cm

ISBN: 978-979-709-738-7

Sumber : Jawaban.com | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami