Kualitas Pendidikan di AS Memprihatinkan

Nasional / 22 September 2013

Kalangan Sendiri

Kualitas Pendidikan di AS Memprihatinkan

Yenny Kartika Official Writer
2012

Fakta menunjukkan penurunan kualitas pendidikan di Amerika Serikat. Ada kurang dari 25 persen siswa SMA yang memenuhi standar “siap-kuliah” dalam beberapa mata pelajaran inti.

The Program for International Student Assessment (PISA), kelompok pengkajian internasional, telah melakukan studi dengan kesimpulan: dibandingkan dengan negara-negara maju lainnya, siswa usia 15 tahun di AS menempati ranking 17 dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan ranking 25 dalam Matematika.

Menyikapi penemuan tersebut, satgas independen untuk Reformasi Pendidikan AS dari Dewan Hubungan Internasional menyatakan bahwa AS tidak siap untuk berkompetisi dan berkembang dalam kancah ekonomi global.

“Kegagalan pendidikan telah menimbulkan resiko bagi AS dalam bidang kemakmuran ekonomi, posisi global, dan keamanan fisik,” kata Joel Klein, ketua satgas sekaligus mantan kepala sekolah negeri di New York City.

Barangkali sudah waktunya bagi Negeri Paman Sam ini untuk kembali menelusuri jejak-jejak pendidikan mereka, yang sudah didukung oleh kemajuan teknologi dan sumber daya manusia yang mumpuni.

 

BACA JUGA:

Hindari Cerita Porno, Buku Pelajaran Kini Diseleksi Kemendikbud

Malala Yousufzai Kumpulkan Dana untuk Anak Pengungsi Suriah

Ketaatan Dimulai dari Rumah

Viona Paays: Superbook Adalah Imajinasi Masa Kecil Saya

Iwan Sunito, Anak Desa Jadi Pengusaha Properti di Australia


Sumber : CBN News | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami