Verma, Gadis India 13 Tahun yang Sudah Berpendidikan Tinggi
Sumber: vemale.com

Nasional / 21 September 2013

Kalangan Sendiri

Verma, Gadis India 13 Tahun yang Sudah Berpendidikan Tinggi

Lois Official Writer
4866

Di India, pendidikan dan kesejahteraan bagi anak perempuan masih sangat rendah, dimana diperkirakan ada 2,8 juta anak yang tidak dapat mengenyam pendidikan dari 8 juta anak yang ada. Namun seorang Verma, anak gadis berusia 13 tahun yang tinggal di India Utara ini punya cerita yang berbeda. Bernama lengkap Sushma Verma, dia mungkin bisa dikatakan sebagai gadis belia termuda yang memperoleh gelar master di dunia.

Verma berasal dari keluarga miskin dengan orangtua yang tak mengenyam pendidikan tinggi. Namun, mereka memberikan kebebasan kepada Verma untuk melakukan apa yang diinginkannya. Sehari-harinya mereka makan, tidur, dan belajar bersama di sebuah apartemen satu kamar yang sangat sempit di Lucknow. Dia harus tinggal bersama orangtua dan ketiga adiknya di sana.

Sang ayah hanyalah pekerja kontruksi yang mendapatkan penghasilan kurang dari Rp 30 ribu per hari. Barang mewah yang mereka miliki hanya sebuah meja belajar dan komputer bekas, tidak ada TV ataupun pernak-pernik rumah lainnya. “Tak ada yang dilakukan selain belajar,” ujar Verma. Mungkin itulah yang menyebabkan dia pada usia 7 tahun sudah menyelesaikan pendidikan formal hingga sekolah menengah.

Pilihan utamanya menjadi dokter, tetapi dia tidak bisa mengikuti tes sampai berumur 18 tahun. “Jadi saya memilih MSc dan kemudian saya akan mengambil gelar doctor,” ujar Verma lagi. Dia pun sekarang belajar di B.R. Ambedkar Central University. Untuk menempuh perjalanan ke sana, sang ayah dengan setia mengantar jemput menggunakan sepeda kayuh. Tidak hanya itu, untuk Verma, sang ayah menjual satu-satunya tanah mereka di sebuah desa di Uttar Pradesh.

Ternyata kecemerlangannya belajar juga ada dalam kakak lelakinya. Sang kakak lulus SMA pada usia 9 tahun dan lulus ilmu komputer di usia 14 tahun, pada 2007 lalu. Yang membuat dia dan sang kakak berhasil adalah dukungan penuh dari orangtua mereka.

Verma mengejar impian yang dia inginkan dan mendapatkannya. Belum ada kata terlambat bagi setiap kita yang ingin mencapai apa yang pernah kita impikan dulu. Selama ada ketekunan dan keyakinan, selama ada doa dan usaha, kita bisa meraih impian tersebut.

 

Baca juga :

Cahaya Kecil, Pertemuan Hati Antara Ayah dan Anak

Ini Beberapa Cara Agar Daging Cepat Empuk

Orangtua VS Gadget

Kualitas yang Menentukan Cara Hidup

Mitos Seputar Kerontokan Rambut dan Kebenarannya

Selamatkan Usaha Anda dari Ancaman Krisis

Thread Forum JC : Aksi Solidaritas (JCers Goes To Panti Rehab YBMI) 

Sumber : news.com.au by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami