Bunuh Lawan Politik, Partai Neo-Nazi Segera Dibubarkan

Nasional / 21 September 2013

Kalangan Sendiri

Bunuh Lawan Politik, Partai Neo-Nazi Segera Dibubarkan

daniel.tanamal Official Writer
2789

Salah satu partai di Yunani bernama Golden Dawn yang beraliran neo-Nazi dilaporkan akan segera dibubarkan oleh pemerintah setempat karena tuduhan terlibat peristiwa penmbunuhan musisi anti-fasis, Pavlos Flyssas.

Dikenal sebagai musisi yang kerap berseberangan dengan anggota Golden Dawn, Flysass tewas setelah menerima tikaman dari pria tidak dikenal. “Kami tidak akan membiarkan pihak-pihak tertentu mempermainkan hukum,” ujar Menteri Keamanan Publik Nikos Dendias, seperti dikutip Guardian, Kamis (19/9).

Kematian ini memicu gelombang protes besar-besaran menuntut Golden Dawn dibubarkan. “Peristiwa pembunuhan ini menunjukan niat (Golden Dawn) yang sebenarnya,” tambah Dendias.

Golden Dawn yang meraih banyak dukungan di Yunani kerap terlibat dalam beberapa seragan yang menargetkan kelompok pendatang. Sebagai neo-Nazi, anggota Golden Dawn membenci kaum pendatang yang dianggapnya menodai masyarakat Yunani.

Krisis yang terjadi di Yunani mempengaruhi warga untuk mendukung pemikiran politik ekstrem kanan. “Ini adalah saat yang tepat untuk mengakhiri riwayat Golden Dawn untuk selamanya. Sekarang tergantung niat pemerintah,” imbuh pengamat politik Yunani Giorgos Kyrtsos. 

Setaip pemerintah negera di seluruh dunia perlu membubarkan setiap kelompok baik itu legal dan illegal yang terbukti mempunyai ideologi ekstrim dan menampakan niat kekerasannya terhadap perbedaan didalam masyarakat. Pembiaran hanya akan menumbuhsuburkan ajaran mereka dan membuat banyak korban akan berjatuhan.

 

 


Sumber : Okezone
Halaman :
1

Ikuti Kami