Tujuh Kendala Menjadi Freelancer (1)

Tujuh Kendala Menjadi Freelancer (1)

daniel.tanamal Official Writer
2465

Dunia kerja yang semakin meluas melalui teknologinya memudahkan setiap orang untuk mendapatkan pekerjaan apapun bidangnya. Terutama mengenai sifat dan jenis pekerjaan. Banyak para pekerja saat ini adalah tenaga lepas paruh waktu (freelancer) yang bekerja sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.

Namun terdapat beberapa hal yang akan menjadi kendala, seperti diungkapkan  Ratih Nurmalasari, Associate Financial Planner dari ZAP Finance. Salah satunya adalah masalah keuangan. Berikut kendalanya


1. Mengatur keuangan
Tak cuma pekerja tetap saja yang sering bingung untuk mengatur rencana keuangannya. Sebagai seorang freelancer, Anda sering lupa untuk memisahkan rekening invoicing (tagihan-tagihan yang digunakan untuk biaya operasional pekerjaan) dengan rekening operasional rumah tangga.

Jika tidak dipisahkan, bisa-bisa uang yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan rumah tangga malah habis untuk keperluan pekerjaan. Begitupula sebaliknya.

2. Penghasilan tidak pasti
Menurut Ratih, 56 persen masalah keuangan freelancer disebabkan oleh jumlah dan waktu gajian yang tidak menentu. Sekalipun penghasilan Anda tak pasti, namun, pengeluaran Anda setiap bulan adalah hal yang pasti. Anda harus pintar-pintar menyiasati hal ini.

3. Tidak memiliki dana darurat
Karena jumlah gaji dan juga waktu gajian yang tidak tetap, para pekerja freelance juga cenderung mengabaikan adanya dana darurat. Padahal apapun pekerjaannya, sebaiknya miliki simpanan dana untuk menghadapi berbagai keadaan darurat. Misalnya, saat sakit atau memperbaiki laptop yang rusak.

 

 


Sumber : Kompas Female

Ikuti Kami