Bumi Masih Bisa Dihuni Sampai 1,75 Juta Tahun Lagi

Nasional / 20 September 2013

Kalangan Sendiri

Bumi Masih Bisa Dihuni Sampai 1,75 Juta Tahun Lagi

Yenny Kartika Official Writer
5866

Manusia diperkirakan masih bisa menikmati planet Bumi sampai 1,75 juta tahun lagi, demikian sebuah penelitian menyebutkan. Bahkan diperkirakan bahwa Bumi akan bertahan hingga 3,25 juta tahun lagi, sebelum akhirnya musnah.

Para ilmuwan di University of East Anglia yang menggelar penelitian ini juga menyarankan agar manusia mencari planet lain di luar sistem tata surya, apabila Bumi sudah tidak lagi bisa dihuni. Planet itu dipilih berdasarkan jaraknya ke pusat tata surya (misal, matahari, dsb).

“Kami menggunakan model evolusi perbintangan untuk memperkirakan kapan masa huni sebuah planet akan berakhir. Kami memperkirakan bahwa Bumi tidak lagi layak dihuni pada suatu waktu antara 1,75 sampai 3,25 juta tahun dari sekarang,” kata salah satu ilmuwan, Andrew Rushby.

“Sesudah masa itu, Bumi akan berada di ‘zona panas’ matahari, dimana dia akan memiliki suhu begitu tinggi sampai-sampai lautan akan menguap. Kita akan menyaksikan bencana dan kepunahan bagi semua makhluk hidup,” lanjut Rushby.

Studi yang dilakukan Rushby dan rekan-rekannya juga merekomendasikan Mars sebagai planet yang berpotensi layak huni sebagai pengganti Bumi. Planet Merah ini dianggap cocok sebagai habitat makhluk hidup dalam jangka waktu lama.

“Seandainya kita harus pindah ke planet lain, Mars kemungkinan adalah pilihan terbaik. Jaraknya dekat (dari bumi) dan termasuk zona layak huni (habitable zone) sampai usia matahari berakhir—sekitar 6 juta tahun lagi dari sekarang,” pungkas Rushby.

Cepat atau lambat alam semesta dan segala isinya akan musnah tanpa sisa, seperti yang tertulis dalam Kitab Suci, “Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu” (Matius 24:35). Namun, kapan waktu dan tanggal yang pastinya, tidak ada seorang pun yang tahu. Tuhan Yesus mengingatkan agar kita menjalani hidup sebaik mungkin agar berkenan bagi-Nya, supaya begitu Dia datang ke bumi untuk yang kedua kalinya, kita siap dijemput oleh-Nya.

 

BACA JUGA:

Bumi Akan Berputar 960 jam/hari dan Fakta Menarik Lainnya

Ilmuwan Temukan Tiga Planet Baru yang Dapat Dihuni

2023, Manusia Jajaki Kehidupan di Mars

Dicari Suami Istri ke Mars, Terima Tantangan Ini?

Makin Banyak Menyumbang, Bill Gates Makin Kaya

Berminat Jadi Penulis Lepas? Simak Dulu Ini !

Sulitnya Keluar dari Kebiasaan Buruk


Sumber : Softpedia News/yk
Halaman :
1

Ikuti Kami