Demi Kehormatan Keluarga, Tiga Wanita Dibunuh

Nasional / 20 September 2013

Kalangan Sendiri

Demi Kehormatan Keluarga, Tiga Wanita Dibunuh

daniel.tanamal Official Writer
3481

Sebuah peristiwa menyedihkan terjadi di wilayah pedalaman Barat Laut Pakistan. Di daerah dimana hukum tidak terjamah itu tiga orang wanita tewas dibunuh oleh seorang kerabat mereka demi alasan menjaga kehormatan keluarga.

Peristiwa yang terjadi di sebuah desa di antara kota Peshawar dan Kohat itu berawal ketika seorang wanita melarikan diri dari rumah suaminya untuk menikah dengan seorang pria lainnya di Lembah Swat. Diketahui bahwa wanita itu sudah menikah dengan suaminya selama dua tahun.

Wanita asal Karachi berusia 22 tahun itu kabur dari rumah suaminya, dengan bantuan bibi dan sepupunya. Pemimpin desa yang mendengar hal ini mengambil keputusan bahwa wanita itu, dan kedua orang yang membantunya melarikan diri harus dibunuh.

Keputusan itupun benar-benar dilakukan. Ketiganya dibunuh oleh seorang kerabat di rumah mereka di hari Minggu, dan menguburkan mereka pada Senin pagi. Ironisnya pejabat pemerintahan Pakistan “cuci tangan” dari kasus ini dan mengatakan bahwa keputusan itu diambil atas dasar kehormatan.

"Ini adalah kasus pembunuhan demi kehormatan, dan berada di bawah hukum adat kesukuan dan hukum pidana Pakistan tidak berlaku. Menurut informasi yang dikumpulkan dari sumber-sumber lokal, gadis itu tidak senang dengan suaminya," ujar seorang pejabat Pemerintah Pakistan, yang enggan disebutkan namanya dikutip dari Asiaone.com.

Peristiwa semacam ini ternyata telah banyak terjadi di Pakistan, dimana Komisi Hak Asasi Manusia setempat mengatakan sebanyak 943 perempuan dan anak perempuan dibunuh pada tahun 2011 atas tuduhan menodai kehormatan keluarga mereka.

Akan ada banyak korban bertambah dibawah kebijakan seperti ini dimana seseorang yang melakukan kesalahan dan dianggap melanggar kehormatan keluarga langsung dieksekusi tanpa adanya peradilan yang dapat menjadi jalan keluar dan kebijaksanaan bersama.

 


Sumber : Asiaone.com
Halaman :
1

Ikuti Kami