10 Kesalahan Para Freelancer (1)
Sumber: Easyaccountancy.co.uk

Career / 17 September 2013

Kalangan Sendiri

10 Kesalahan Para Freelancer (1)

Lori Official Writer
4118

Belakangan waktu ini, semakin banyak orang yang memilih bekerja sebagai tenaga kerja lepas atau freelancer. Sistem kerja yang fleksibel serta pendapatan yang cukup besar merupakan dua alasan utama memilih karir ini dibanding sebagai pegawai kantoran.

Helma Kusuma, Indonesia Country Manager dari Freelancer.co.id berkata, “Freelancing sangat populer belakangan ini sebab menawarkan banyak manfaat bagi mereka yang memiliki motivasi”.

Meskipun menjadi bos atas diri sendiri, karir yang satu ini dapat hancur bila tidak memberikan hasil terbaik dimata klien. Dalam hal ini, seorang freelancer harus memiliki seni dalam menjalin relasi serta mampu membentuk citra positif terjadap klien.

Tak sedikit dari freelancer yang akhirnya kehilangan klien akibat tidak memberikan hasil yang baik bagi pelanggan atau klien. Untuk menghindari berbagai hal yang dapat membuat Anda gagal, sejumlah bentuk sikap diri yang dipaparkan oleh Daniel G. Praditya, Ketua Indonesia Freelancers Association dibawah ini perlu Anda hindari.

# Komunikasi tidak efektif

Untuk mempromosikan diri dimedia, sebaiknya jangan menggunakan bahasa yang rumit dan sulit dimengerti. Bila Anda ingin dipromosikan sebagai freelancer, maka gunakan bahasa yang simple dan singkat didalam surat apllikasi Anda. Buatlah perkenalan yang singkat, padat dan menarik.

# Promosi diri terlalu tinggi

Agar banyak para pencari tenaga freelancer melirik Anda, maka hindarkan sikap yang terlalu mematotkan diri untuk mendapat promosi tinggi. Tampilkan secara jujur seluruh batas kemampuan Anda sehingga para klien dapat mempercayai Anda untuk proyeknya.

# Tidak mengenal klien atau rekan kerja

Bila Anda mengerjakans ebuah proyek, maka Anda patut mengenal siap klien yang Anda sedang layani sehingga terjalin komunikasi yang mungkin saja dapat berkesinambungan. Mengenal klien lebih dekat dapat menajdi peluang bagi Anda untuk menjadikannya sebagai pelanggan.

# Cepat menyerah

Salah satu resiko menjadi freelance adalah proses memulai yang sulit. Anda akan sering menghadapi kegagalan dimana klien yang tak kunjung ada. Namun, ini menjadi tantangan bagi Anda untuk melakukan promosi yang lebih kreatif. Maka jangan pernah berhenti mencari cara untuk menarik klien.

# Tidak teliti menyikapi permintaan klien

Kesalahan ini akan sangat fatal bagi karir Anda sebab klien akan menilai Anda tidak mampu memberi hasil sesuai dengan apa yang mereka harapkan. Maka dari itu, teliti dan jelaslah dalam menyikapi permintaan klien.

Lima poin pertama kesalahan yang acap dilakukan freelancer ini dapat menjadi bahan evaluasi bagi Anda. Belajarlah dari kesalahan dan pengalaman orang lain, niscaya kesuksesan akan menjadi milik Anda.

 


Baca Juga Artikel Lainnya:

Kembangkan Bisnis Anda Dengan Pekerjakan Freelancer

Tujuh Kendala Menjadi Freelancer (1)

Pentingnya Berinvestasi Bagi Freelancer

Berminat Jadi Penulis Lepas? Simak Dulu Ini!

Nabilla Shabrina Jadi Putri Pariwisata Indonesia 2013

Sulitnya Keluar Dari Kebiasaan Buruk


Sumber : Tabloidnova.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami