Gunung Sinabung Meletus, 3710 Orang Mengungsi
Sumber: Detik.com

Nasional / 15 September 2013

Kalangan Sendiri

Gunung Sinabung Meletus, 3710 Orang Mengungsi

Puji Astuti Official Writer
4184

Gunung api Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumur) meletus pada hari Minggu (15/9) dini hari. Warga yang tinggal di sekitar gunung pun diungsikan untuk menghindari jatuhnya korban jiwa.

"PVMBG Badan Geologi telah meningkatkan statusnya dari Waspada (level II) menjadi Siaga (Level III) terhitung mulai Minggu (15/9/2013) pukul 03.00 WIB," demikian penjelasan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho yang dikutip Detik.com.

"Sekitar 3.710 jiwa masyarakat mengungsi tersebar di 5 titik," tambahnya.

Kelima titik pengungsi yang dimaksud adalah Jambur Taras Brastagai terdapat 650 jiwa, Jambur Sepakata terdapat 750 jiwa, Jambur Klasis GBKP Kabanjahe terdapat 590 jiwa, Jambur Desa Payung ada320 jiwa dan di kompleks GBKP Kabanjahe terdapat 1400 jiwa.

Hingga siang tadi, proses evakuasi masih terus dilakukan. Pemda Karo beserta BPBD Sumatera Utara dan juga TNI dan Polri serta unsur terkait melakukan penanganan bencana bersama. Belajar dar letusan Gunung Sinabung pada Agustus - September 2010 lalu, pihak pemda dan BPBD melakukan penanganan bencana dengan lebih sigap dan lebih baik.

Baca juga artikel lainnya :

Selamat Meski Ke Gunung Aktif, Grace Natalie Percaya Penyertaan Tuhan

Taliban Tembak Mati Para Pendaki Himalaya

Keuskupan Maumere Salurkan Bantuan Bagi Korban Rokatenda

I Love You

Makanan Yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi Untuk Hindari Bau Mulut

Ketaatan Dimulai Dari Rumah

Sumber : Detik.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami