Minus Pendapatan, Bijak Mulai Investasi
Sumber: Ciputraentrepreneurship.com

Investment / 14 September 2013

Kalangan Sendiri

Minus Pendapatan, Bijak Mulai Investasi

Lori Official Writer
6102

Investasi merupakan salah satu bentuk jaminan kehidupan dimasa depan. Hal ini sangat dianjurkan untuk dimulai sejak muda karena sifatnya yang berjangka panjang. Pendapatan yang minus bukan sebuah kendala yang berarti untuk menggapai impian Anda bila dapat dengan bijak mengelola pendapatan yang Anda peroleh.

Menunggu hingga saat tabungan Anda penuh untuk mulai berani berinvestasi adalah pemikiran yang keliru. Bila persoalannya adalah porsi uang yang masih sangat minim dan hanya cukup memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari saja, maka belajarlah untuk bijak.

Nah, untuk kali ini kata ‘bijak’ merupakan kunci untuk mengatasi ketakutan Anda. Caranya? Bila Anda memiliki impian atau menargetkan hidup dari waktu ke waktu  terus naik ke level atau tangga kesuksesan yang lebih tinggi, maka hal pertama yang perlu Anda periksa adalah cara hidup.

Pertama, lakukan efisiensi pengeluaran dengan cara menargetkan minimal sebesar 10 persen dari pengeluaran. Anda harus kembali mengatur ulang kebiasaan yang sebenarnya dapat Anda tekan atau pangkas. Misalnya, mendisiplinkan diri dengan memangkas jadwal penggunaan mobil dari setiap hari menjadi dua kali seminggu.

Kedua, bila hal pertama Anda dituntut untuk mengubahkan kebiasaan diri, kini Anda harus lebih ekstra ketat dalam mengurangi beban biaya yang dapat menguras sejumlah besar pendapatan Anda. Seperti hal konkret yang dapat Anda terapkan adalah bijak dalam memakai segala fasilitas yang berhubungan dengan listrik dan air di rumah Anda.

Ketiga, manfaatkan aset bergerak maupun tidak bergerak Anda, seperti rumah kosong atau kendaraan. Dari hal ini, Anda dapat menambahkan simpanan Anda sebagai modal usaha.

Keempat, ketiga poin bijak diatas merupakan langkah awal bagi Anda untuk menuai kesuksesan di kemudian hari. Namun bila kondisi modal Anda juga masih belum cukup untuk menjalankan investasi yang lebih besar, maka kembalilah berpikir bijak. Salah satu cara adalah dengan memanfaatkan pinjaman modal. Pinjaman ini bisa didapat dari pinjaman bank atau jaminkan property Anda, ambil kredit usaha dengan bunga maksimal sebesar KPR.

Orang sukses adalah orang yang berani untuk memulai sekalipun harus melalui kesakitan diawalnya. Namun, hasilnya kelak akan didapat lebih dari apa yang dibayarkan untuk hari ini.

 


Baca Juga Artikel Lainnya:

Kiat Sukses Memulai Usaha Dagang Sembako

Rahasia Sukses Usaha Coffee Shop

Dua Jenis Pemasukan Bagi Investor

Komedian Jamie Kilstein Bantah Adanya Tuhan

Arbitrage, Kisah Dibalik Sebuah Kesuksesan

Memberkati, Bukan Untuk Diberkati

Sumber : Kompas.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami