Jokowi Bantah Ada Jam Malam, Tapi Wajib Belajar

Jokowi Bantah Ada Jam Malam, Tapi Wajib Belajar

Puji Astuti Official Writer
2456

Sejak kejadian kecelakaan yang dialami putra Ahmad Dhani,  Abdul Qodir Jaelani (AQJ) atau Dul, banyak pihak prihatin atas kondisi remaja usia 13 tahun tersebut, salah satunya adalah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Pria yang akrab dipanggil Jokowi tersebut bahkan memikirkan solusi agar anak-anak terhindar dari hal-hal negatif, salah satunya adalah jam malam.

Namun rencana pemimpin DKI Jakarta yang diungkapkan pada Rabu (11/9) lalu untuk membatasi anak-anak di malam hari di luar rumah itu menimbulkan kontroversi karena dianggap terlalu mengekang. Hingga akhirnya Jokowi kembali angkat bicara.

"Siapa yang ngomong jam malam? Bukan jam malam, tapi jam wajib belajar. Kayak di mana saja pakai jam malam, jam malam," demikian penjelasan Joko Widodo yang dikutip Kompas.com, Jumat (13/9).

Jokowi menerangkan bahwa dirinya belum memutuskan untuk memberlakukan jam wajib belajar tersebut dalam peraturan gubernur atau sosialisasi dari Dinas Pendidikan karena masih dikonsultasikan dengan banyak pihak, termasuk orangtua siswa, komite sekolah dan guru.

Jokowi mengungkapkan keprihatinannya karena melihat kondisi anak-anak di Jakarta yang masih berkeliaran di pusat perbelanjaan atau tempat-tempat keramaian meski waktu telah larut malam. Menurutnya jika seumuran mahasiswa hal itu tidak masalah, namun jika anak masih duduk di bangku SMP dan SMA maka belajar haruslah menjadi yang utama.

Dalam hal ini Jokowi sebagai pembuat kebijakan hanya bisa memfasilitasi saja, namun faktor penentu berada dalam keluarga, yaitu bagaimana orangtua tersebut dapat membimbing anak-anaknya untuk hidup disiplin dan memiliki prioritas yang benar.

Baca Juga Artikel Lainnya:

Ketaatan Dimulai Dari Rumah

3 Artis Tanggapi Tentang Kecelakaan Anak Ahmad Dhani

Ahmad Dhani Pastikan Dul Akan Dirawat di Singapura

Pasca Kecelakaan Dul, Polisi Galakkan Razia

Jokowi Sudah Cukup Pusing Dengan Persoalan Jakarta

I Love You

Makanan Yang Harus Dihindari dan Dikonsumsi Untuk Hindari Bau Mulut

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti

Ikuti Kami