Gerilyawan Suriah Rebut Kendali Kota Kristen, Maaloula
Sumber: AP

Nasional / 10 September 2013

Kalangan Sendiri

Gerilyawan Suriah Rebut Kendali Kota Kristen, Maaloula

Lois Official Writer
4055

Kelompok gerilyawan Al-Qaeda dikabarkan merebut kendali atas kota Kristen bersejarah, Maaloula dari pasukan pemerintah. Front al-Nusra menguasai wilayah itu sejak Sabtu malam (7/9) lalu, menurut The Syrian Observatory for Human Rights. Maaloula terletak kurang lebih satu jam perjalanan dari ibukota Damaskus.

“Kami membersihkan Maaloula dari semua anjing Assad dan semua preman!” teriak seorang komandan pemberontak di dalam video yang diposting online selama akhir pekan ini.

Penganut Kristen di negara itu jumlahnya sekitar 10 persen dari populasi. Adapun, kaum minoritas ini diperebutkan dukungannya, baik dari kubu pemerintah maupun oposisi. Namun, beberapa kelompok Kristen Suriah kuatir ada Islam radikal yang menyusup dalam kubu oposisi sehingga mereka kuatir mengalami nasib yang sama seperti umat Kristen selama perang di Irak, dimana mereka jadi target pembunuhan dan membuat orang banyak meninggalkan negara tersebut.

Saat ini Suriah diperintah oleh pemerintahan yang didominasi oleh kaum Alawi, salah satu cabang Syiah. Badan-badan bantuan internasional mengatakan 2 juta warga Kristen Suriah sering jadi sasaran untuk menarik simpati sekaligus dicurigai sebagai rezim Presiden Bashar al-Assad. Dua uskup telah diculik dan seorang pendeta terkenal dinyatakan hilang. Banyak orang Kristen Suriah telah melarikan diri ke Libanon dan berlindung di biara-biara.

“Di Aleppo, banyak warga Kristen yang dibunuh dan gereja dihancurkan,” ujar Antoinette Nassrallah, seorang Kristen dan pemilik kafe di Maaloula. Sementara itu, kaum Kristen di Maaloula juga mengklaim pemberontak Suriah memerintahkan mereka untuk masuk Islam tak lama setelah mereka menguasai kota, menurut situs Mail Online. Desa ini adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia dimana warganya masih menggunakan bahasa kuno, bahasa Aram, bahasa yang dipakai oleh Yesus dan murid-murid-Nya.

Mari terus berdoa bagi Suriah. Kaum minoritas, Kristen dalam hal ini, selalu menjadi korban ketika kedua kepentingan besar konflik. Namun, kita percaya bahwa mereka akan dikuatkan Tuhan dan diberikan penghiburan serta jalan keluar. Tangan Tuhan tak kurang panjang untuk menolong mereka.

 

Baca juga :

Cronut, Pastry yang Membuat Orang Rela Antri

Ini Dampak Perceraian Orangtua Pada Anak

Tiga Hal Penting Untuk Dapat Perkenanan Tuhan

Ini Dampak Perceraian Orangtua Pada Anak

Mitos Seputar Kerontokan Rambut dan Kebenarannya

Selamatkan Usaha Anda dari Ancaman Krisis

Sumber : tempo.co by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami