Bijak Belanjakan Uang, Krisis No way!
Sumber: Kompas.com

Career / 10 September 2013

Kalangan Sendiri

Bijak Belanjakan Uang, Krisis No way!

Lori Official Writer
4293

Berbelanja memang tak akan ada batasnya, sebab begitu banyak godaan yang akan mengalihkan perhatian dan mendorong Anda untuk bertindak boros. Lalu tanpa disadari penghasilan terkuras dalam waktu singkat, kemudian krisi ekonomi mendera dan menimbulkan kepanikan.

Bila Anda salah satu yang juga mengalami hal serupa, maka mulailah untuk menata kembali keuangan Anda. Uang yang Anda sudah terima harusnya dapat digunakan untuk hal-hal yang berguna atau investasi masa depan. Bila ingin beralih dari kebiasaan tersebut, maka lakukan langkah bijak berikut:

1. Catat anggaran harian Anda

Langkah bijak pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengendalikan kebiasaan menghamburkan uang adalah dengan membuat catatan anggaran harian. Catatan tersbeut dapat mengontrol tindakan dalam membelanjakan uang. Bila perlu, setiap awal bulannya Anda dapat mendaftarkan belanja bulanan per harinya.

2. Prioritaskan kebutuhan penting dan mendesak

Memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari merupakan hal utama dalam hidup. Maka dari itu, catatlah kebutuhan terpenting pertama yang perlu Anda penuhi misalnya sandang dan pangan, pengeluaran rumah tangga, dan lain sebagainya.

3. Sisihkan dana darurat untuk sewaktu-waktu Anda perlu

Pastikan menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk disimpan sebagai dana yang tidak dapat diotak-atik. Hal ini penting sebab bila sewaktu-waktu Anda butuh uang, maka dapat menggunakan uang ini. Anda hanya dapat menggunakannya dalam kondisi darurat!  

4. Kembalikan uang Anda kepada Tuhan

Anda perlu tahu bahwa penghasilan yang Anda dapatkan merupakan berkat dari sang pencipta, maka dari itu kembalikan sebagian dari yang Anda dapatkan untuk Tuhan. Ketika Anda taat mengerjakannya, maka Anda akan semakin lebih bijak dalam menggunakan pendapatan yang Anda peroleh lewat kerja keras yang sudah Anda kerjakan.

5. Kurangi pemborosan uang untuk makanan dan minuman

Bijak dalam menggunakan uang salah satunya dapat diterapkan dengan menghentikan kebiasaan membeli makanan atau minuman di luar. Adalah bijak bila menghentikan kebiasaan tersbeut dan mengubahnya dengan memasak sendiri di rumah. Selain dapat berhemat, juga akan lebih sehat.

Mencapai hidup sejahtera adalah ketika Anda bebas krisis keuangan sebagai manivertasi dari penerapan pengelolaan keuangan pribadi yang tepat. Jadi, seni mengelola uang dengan bijak adalah cara menuju masa depan yang cerah.

 


Baca Juga Artikel Lainnya:

Ide Berbisnis di Pasar Tradisional

Krisis Keuangan? Jangan Takut Berinvestasi! (1)

Krisis Keuangan? Jangan Takut Berinvestasi! (2)

Maddie Bradshaw, Pengusaha Belia Pendaur Ulang Tutup Botol

Karyawan Tapi Punya Jiwa Bisnis? Ini Job Side yang Dapat Anda Geluti

Puji Tuhan Akhirnya Tuhan Yesus Datang Juga Ke Rumah Kami

Sumber : Liputan6.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami