5 Mitos yang Dipercaya Sebabkan Rambut Rontok
Sumber: (Ilustrasi: Lintasme)

Info Sehat / 8 September 2013

Kalangan Sendiri

5 Mitos yang Dipercaya Sebabkan Rambut Rontok

Lori Official Writer
7890

Masalah rambut rontok pada wanita sering kali menjadi persoalan yang sangat serius. Wanita akan sangat panik bila menemukan rambutnya berjatuhan di lantai, tertinggal di sisir dan berguguran saat keramas.

Namun jangan panik, sebab rambut rontok itu masih normal jika kerontokannya hanya berkisar 100 helai setiap hari. Kendati demikian, banyak mitos keliru yang menyebabkan wanita salah mengambil tindakan untuk mengatasi kerontokan ini, seperti 5 mitos berikut:

Mitos 1: Terlalu sering memakai helm atau kerudung

Fakta : Mitos yang satu ini tidak benar. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa dalam kondisi tertutup setiap hari, rambut akan lebab dan folikel rambut tersumbat sehingga berakibat pada kerontokan.

Mitos 2: Keramas setiap hari memperparah kerontokan rambut

Fakta: Normalnya, rambut rontok akan mencapai kurang lebih 100 helai setiap hari. Jadi keramas setiap hari tidak mempengaruhi kerusakan rambut yang lebih parah.

Mitos 3: Rambut rontok akibat stres

Fakta: Hal ini benar sebab stres secara fisik dan emosional berlebihan dapat menyebabkan kerontokan telogen effluvium dimana rambut memasuki fase istirahat atau berhenti tumbuh lalu kemudian rontok. Sedang kerontokan alopecia areata merupakan kerontokan akibat stres yang menimbulkan sel-sel darah putih menyerang sel folikel rambut sehingga rontok.

Mitos 4: Ketombe dapat menyebabkan rambut rontok

Fakta: kenyataannya ketombe tidak mempengaruhi rambut rontok. Kebiasaan menggaruk kulit kepala akibat ketombe hanya akan menyebabkan rambut patah bukan rontok.

Mitos 5: Menggunakan catok rambut dan blow dry berisiko besar rontokkan rambut

Fakta: baik catok atau smoothing dan perawatan rambut lainnya tidak akan menyebabkan rambut rontok. Namun kemungkinan buruknya bahwa folikel rambut Anda rusak.

Setelah mengetahui kebenaran dari mitos yang selama ini Anda percayai, kini saatnya untuk bertindak tepat demi merawat kesuburan dan keindahan mahkota Anda tersebut.

 


Baca Juga Artikel Lainnya:

Makanan yang Dapat Membunuh Rambut Rontok

Teh Basi, Solusi Rambut Rontok

Kurang Gizi Sebabkan Rambut Rontok

Nutrisi Rahasia Untuk Hindarkan Rambut Rontok

Kenali Penyebab Kebotakan Pada Pria

Melayani Tuhan Dari Berbagai Penjuru Dunia

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami