Mitos Seputar Kerontokan Rambut dan Kebenarannya

Fit & Charming / 6 September 2013

Kalangan Sendiri

Mitos Seputar Kerontokan Rambut dan Kebenarannya

Lois Official Writer
6956

Rambut rontok terlalu banyak dapat menjadi masalah besar bagi kita, terutama buat penampilan. Hal ini dapat membuat kita minder. Ada beberapa mitos seputar kerontokan rambut yang seringkali beredar di masyarakat. Mitos-mitos ini ada yang menyesatkan dan ada juga yang benar. Berikut ini beberapa mitos tersebut :

Rambut Rontok Karena Patah - Salah

Sebuah hasil percobaan yang dilakukan di Inggris pada tahun 2008 membuktikan bahwa 80% kerontokan rambut ternyata berasal dari akar dan bukan karena patah.

Stres Dapat Memicu Rambut Rontok – Benar

Stres yang dapat memicu rambut rontok dikenal sebagai telogen effluvium. Bila stress tersebut hilang, maka pertumbuhan rambut akan kembali normal.

Sinar Matahari Bantu Pertumbuhan Rambut – Salah

Sinar matahari tidak bisa membantu pertumbuhan rambut, malah bisa membuat rambut kering dan akhirnya rusak.

Keramas Tiap Hari Picu Rambut Rontok – Belum Ada Bukti

Tidak ada bukti cukup jelas apakah keramas tiap hari dapat memicu rambut rontok atau malah mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Mandi dengan Shower Sebabkan Kebotakan – Salah

Ternyata hal ini tidak benar. Malahan, keramas dengan shower dapat membersihkan shampoo dari kulit kepala tanpa melukai folikelnya.

Memotong Rambut Bikin Cepat Tumbuh – Salah

Memotong rambut entah itu tiga bulan sekali atau bukan tidak akan membuat rambut 3x tumbuh lebih cepat karena faktanya rambut akan tumbuh setengah inci setiap bulannya.

Menumbuhkan Rambut, Lumuri dengan Vitamin – Salah

Pertumbuhan rambut tidak dipengaruhi dengan meminum atau melumuri rambut / kulit kepala dengan vitamin karena rambut merupakan jaringan non-viable.

Jangan takut rambut rontok, karena ketakutan akan memicu kerontokan tersebut. Selain itu, menggaruk kepala dan memakai wig / topi memicu rambut patah. Gunakan produk perawatan yang benar-benar sesuai. Kebanyakan produk perawatan yang beredar hanya menangani kerontokan rambut akibat rambut patah, namun cobalah teliti kandungan produk perawatan rambut tersebut, apakah merawat dari akar atau tidak.

 

Sumber : kompas.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami